Disbun: Nipah Bantu Perekonomian Masyarakat Inhil

id disbun nipah, bantu perekonomian, masyarakat inhil

Disbun: Nipah Bantu Perekonomian Masyarakat Inhil

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir menyebutkan bahwa pohon nipah yang merupakan sejenis palem (palma) dan tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut dekat tepi laut mampu membantu pendapatan beberapa warga dengan mengolahnya menjadi gula nipah.

"Selama ini produksi gula nipah hanya dijual disini saja dalam skala kecil dan masyarakat masih memerlukan pembinaan dalam meningkatkan hasil produksi, kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Tantawi Jauhari di Tembilahan, Sabtu.

Ia mengatakan bagi warga yang terbiasa mengonsumsi gula nipah ini akan merasakan khasiatnya untuk menambah tenaga dan menghilangkan capek.

"Selain itu, rasanya juga enak," ujarnya.

Ia memaparkan manfaat lain juga dapat diperoleh dari daun nipah yang muda (dinamai pucuk) bisa dijadikan daun okokyaitu lembaran pembungkus untuk melinting tembakausetelah dikelupas kulit arinya yang tipis, dijemur kering, dikelantang untuk memutihkannya dan kemudian dipotong-potong sesuai ukuran rokok.

"Tangkai daun dan pelepah nipah dapat digunakan sebagai bahan kayu bakar yang baik. Pelepah daun nipah juga mengandung selulosa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pulp (bubur kertas). Lidinya dapat digunakan untuk sapu, bahan anyam-anyaman dan tali," paparnya. (ADV)