Disbun: Pucuk Nipah Di Ekspor Hingga Thailand

id disbun pucuk, nipah di, ekspor hingga thailand

Disbun: Pucuk Nipah Di Ekspor Hingga Thailand

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir mengekspor pucuk nipah hingga ke Negara Thailand untuk diolah menjadi pembungkus rokok.

Daun nipah yang muda (dinamai pucuk) dijadikan daun rokok yaitu lembaran pembungkus untuk melinting tembakausetelah dikelupas kulit arinya yang tipis, dijemur kering, dikelantang untuk memutihkannya dan kemudian dipotong-potong sesuai ukuran rokok

"Di daerah lain orang menganggap pucuk Nipah sebagai limbah, namun masyarakat di sini sudah melihatnya sebagai komoditas layak jual hingga ekspor ke Thailand," kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Tantawi Jauhari di Tembilhan, Sabtu.

Masyarakat Concong memetik bagian daun yang muda (pucuk) kemudian dikeringkan dan memiliki harga jual cukup tinggi di Thailand sebagai bahan baku rokok.

"Pengembangan potensi nipah sangat erat dengan visi pemerintah daerah yang ingin terus melestarikan hutan bakau dan saya menilai pucuk nipah sudah menjadi komoditas andalan masyarakat setempat dan lapangan kerja yang dihasilkan tidak sedikit," katanya. (ADV)