Disbun: Tanaman Nipah Kaya Manfaat

id disbun tanaman, nipah kaya manfaat

Disbun: Tanaman Nipah Kaya Manfaat

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir menuturkan bahwa tanaman nipah kaya manfaat dan dapat diolah menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat setempat.

Nipah banyak ditemukan di bagian belakang hutan bakau, terutama di dekat aliran sungai yang memasok lumpur ke pesisir.

Palma ini dapat tumbuh di wilayah yang berair agak tawar, sepanjang masih terpengaruh pasang-surut air laut yang mengantarkan buah-buahnya yang mengapung. Di tempat-tempat yang sesuai, tegakan nipah membentuk jalur lebar tak terputus di belakang lapisan hutan bakau, kurang lebih sejajar dengan garis pantai.

"Nipah dapat diolah menjadi gula cair," kata Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil ramdani di Tembilahan, Selasa.

Selain itu, tanaman nipah yaitu pucuk daun nipah dapat diolah untuk pembungkus rokok, tangkai daun dan pelepah nipah dapat digunakan menjadi bahan kayu bakar yang baik.

"Pelepah daun nipah juga mengandung selulosa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pulp (bubur kertas). Lidinya dapat digunakan untuk sapu, bahan anyam-anyaman dan tali serta airnya menjadi gula nipah.

"Luas areal perkebunan nipah di Kabupaten Indragiri Hilir 17.435 hektare, namun pemanfaatkan pohon nipah untuk berbagai keperluan diatas masih sangat minim," ujarnya. (ADV)