Disbun Riau catat harga sawit Riau naik Rp427,30/kg

id Disbun Riau

Disbun Riau catat harga sawit Riau naik Rp427,30/kg

Hamparan perkebunan sawit Riau kini di Kabupaten Kampar sebagai salah satu daerah penyumbang perkebunan kelapa sawit terluas di Indonesia. ANTARA/Frislidia.

Pekanbaru (ANTARA) - Harga tandan buah segar (TBS) sawit Riau umur sembilan tahun periode 27 Maret-2 April 2024 tercatat Rp2.891,88/kg, mengalami kenaikan Rp427,30/kg dibandingkan harga seminggu sebelumnya Rp2.464,58/kg.

"Harga CPO Riau minggu ini naik lebih disebabkan karena faktor harga CPO naik," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Defris dalam penetapan harga TBS Provinsi Riau oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun selalu melakukan perbaikan tata kelola agar penetapan harga ini sesuai dengan regulasi dan berkeadilan untuk kedua belah pihak yang bermitra.

Selain itu tata kelola penetapan harga ini yang membaik merupakan upaya yang serius dari seluruh pemangku kepentingan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau.

"Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama tim penetapan harga pada hari ini telah melaksanakan rapat penetapan harga. Berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 11 tahun 2024 atau periode 27 Maret – 2 April 2024 telah menggunakan tabel rendemen harga baru hasil kajian dari PPKS Medan yang disepakati oleh Tim.

Untuk kenaikan harga tertinggi berada di kelompok umur sembilan tahun yakni sebesar Rp56,33/Kg atau mencapai 1,99 persen dari harga minggu lalu.

Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp 2.891,88/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu ke depan, dengan harga cangkang berlaku untuk satu bulan ke depan dengan sebesar Rp25,94/Kg.

Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan ke depan yaitu 90,13 persen, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar

Rp427,30/kg dari minggu lalu dan harga penjualan kernel minggu ini turun sebesar Rp558,20/Kg dari minggu lalu.

"Ada beberapa PKS tidak melakukan penjualan, berdasarkan Permentan nomor 01 tahun 2018 pasal 8 maka harga cpo dan kernel yang digunakan adalah harga rata-rata tim. Apabila harga CPO atau kernel terkena validasi 2 maka digunakan harga rata-rata KPBN/PTPN V. Harga rata-rata KPBN/PTPN V periode 18- 24 Maret 2024 untuk CPO Rp13.156,67/Kg sedangkan kernel Rp6.585,45/Kg," demikian Defris.