Tim Provinsi Riau Turun Ke Desa Sawah Baru Juara Lomba PHBS

id tim provinsi, riau turun, ke desa, sawah baru, juara lomba phbs

Tim Provinsi Riau Turun Ke Desa Sawah Baru Juara Lomba PHBS

Bangkinang Kota (Antarariau.com) - Tiga orang tim dari Provinsi Riau, turun meninjau Desa Sawah Baru Kecamatan Kampar Timur yang telah ditetapkan PKK Kabupaten Kampar sebagai juara I Lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Selasa (22/11).

Mereka yang turun, Ketua Pokja 4, TP PKK provinsi Riau, Drh. Rondang Hayati, Kabid Promkes, Farida Hanum, Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dra Rozita didampingi dari PKK Kabupaten Kampar, Hj Irma Suryani, dr. Siti Valiani, dr. Hariya Deatzy, Kabid Promkes Dinas Kesehatan Kampar, dr. Lukas Hermawan, diterima Kades, Sawah Baru, Sofian, Camat, Syamsuriansyah dan Ketua TP PKK Kecamatan Kampar Timur, Nurhaida.

"Kami tidak muluk-muluk berharap, yah bisa juara 1 lomba PHBS tingkat Provinsi Riau, alhamdulillah," kata Hj Mulyeti Anizur, mewakili KetuanTP PKK Kabupaten Kampar, Hj Eva Yuliana dalam sambutannya menerima tim penilai tersebut.

Selain lomba ini memberi manfaat tentang bagaimana menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, juga untuk meningkatkan silaturrahmi antar pengurus PKK dengan masyarakat.

"Rubah prilaku kesehatan dengan Gerakan Masyarakat (Germas) melalui PHBS sebab itu dipengaruhi struktur sampai ke tingkat bawah, pembinaan dalam Rumah Tangga terintegrasi, keberhasilan pembinaan, dengan evaluasi, penilaian dalam setahun sekali secara berjenjang," kata Rondang.

Salah satu langkah Germas itu lanjut Rondang, yang sesuai dengan harapan, seperti melakukan sosialisasi tentang CERDIK kepanjangannya (Cek Kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga atau aktivitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kendalikan Stres).

Di menjelaskan bahwa dalam penilaian PHBS dinilai kelengkapan data, kader, penyuluhan pelatihan, setiap desa atau kecamatan perlu rencana kerja, laporan keuangan, dukungan masyarakat dituangkan dalam indikator penilaian PHBS. Tiga indikator itu yakni masukan, proses dan keluaran.

Ketua TP PKK Kecamatan juga berharap, Desa Sawah Baru dapat juara I tingkat Provinsi Riau, "Kami berharap dengan predikat juara I tingkat Kabupaten Kampar dapat pula menjuarai ditingkat Provinai Riau," ujar Nurhaida.

Kades, Sofian menyampaikan bahwa masa efektif terbentuknya desa ini baru tujuh tahun, dan dia adalah Kades kedua, "Desa ini memang baru berdiri, masih perlu pembenahan dan pembinaan, harapan dapat menjadi juara 1," kata dia.

Desa Sawah Baru masyarakatnya mayoritas PNS, "82 persen masyarakat disini adalah PNS, selebihnya bekerja sebagI petani dan berdagang," kata Sofian. (Adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016