32 tim dari 7 provinsi ikuti Siak Serindit Boat Race 2024

id Siak serindit boat,Siak, lomba perahu siak

32 tim dari 7 provinsi ikuti Siak Serindit Boat Race 2024

Tim berpacu di Siak Serindit Boat Race.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 32 tim dayung/perahu dari 7 provinsi di Pulau Sumatera dan Jawa mengikuti wisata olahraga edisi kelima Siak Serindit Boat Race (SSBR) di Sungai Siak, Kabupaten Siak, pada 28-31 Agustus 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Tekad Perbatasan Setia Dewa mengatakan kegiatan ini juga menjadi ajang promosi wisata daerah setempat. Selain itu juga sebagai sarana pembinaan atlet dayung lokal.

"Peserta dari 7 provinsi selain Riau ada Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Kepulauan Riau. Ini masih akan tetap bertambah hingga besok pendaftaran terakhir," katanya.

Sementara dari Provinsi Riau ada dari Kabupaten Bengkalia, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Kampar, dan Pelalawan. Sedangkan dari dalam Siak ada dari sejumlah kecamatan hingga dari instansi seperti Kepolisian Resor dan Komando Distrik Militer Siak.

Tekad menyampaikan pada perlombaan ini satu tim beranggotakan 15 orang namun yang bertanding 12 dalam satu perahu. Mereka akan berlaga mulai babak penyisihan dengan lintasan 500 meter.

"Jadi ada sekitar 500 orang semuanya yang datang di Kabupaten Siak, enam tim dari luar di antaranya sudah datang di Siak. Sehingga ini tentu akan berdampak pada ekonomi di Siak," ungkapnya.

Selanjutnya acara ini akan dimulai pada Rabu (28/8) malam dengan jamuan makan malam untuk atlet, kemudian ada parade atlet serta penampilan seni budaya.

Tekad menambahkan bahwa pada iven tahun ini pesertanya bertambah dibanding sebelumnya yang hanya 22 tim. Sementara anggaran untuk kegiatan ini, lanjut Tekad sekitar Rp700 juta dengan total hadiah untuk pemenang sebesar Rp212 juta.