DPRD Rohil Usulkan Dana Ganti Rugi Untuk Petani Gagal Panen

id dprd rohil, usulkan dana, ganti rugi, untuk petani, gagal panen

DPRD Rohil Usulkan Dana Ganti Rugi Untuk Petani Gagal Panen

Rokan Hilir (Antarariau.com) - DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengusulkan kepada pemerintah setempat untuk menyiapkan dana ganti rugi petani yang lahan pertaniannya mengalami gagal panen akibat musim kemarau maupun terkena banjir.

"Anggaran ganti rugi gagal panen itu perlu disiapkan. Apalagi musibah ini kerap terjadi setiap tahun," kata Anggota DPRD Rokan Hilir, Krismanto di Bagansiapiapi, Jumat.

Menurut dia, musim kemarau maupun hujan yang kerap terjadi setiap tahun itu menyebabkan sejumlah lahan pertanian di Rokan Hilir rusak. Kondisi seperti ini jelas membuat petani merugi karena gagal panen.

"Berdasarkan laporan yang kami terima dari masyarakat petani di Kepenghuluan Suak Air Hitam saja, kerusakan tanaman padi mereka mencapai 90 persen. Sebagian besar dikarenakan banjir dan membuat buah padi membusuk. Memang ada yang bisa diambil tapi kualitas berasnya tidak begitu baik," tuturnya.

Selain menyiapkan dana ganti rugi, lanjutnya Pemkab Rohil juga diharapkan menyiapkan benih dan pupuk cadangan guna mengantisipasi kebutuhan penanaman bibit baru.

Upaya-upaya tersebut, menurut Politisi PDI Perjuangan ini, merupakan langkah darurat yang dapat diambil oleh pemerintah setempat ketika dihadapkan pada ancaman kemarau maupun banjir.

"Apabila dinas terkait dapat menganggarkan dana untuk antisipasi kerusakan itu sangat membantu petani untuk kembali menanam padi. Petani itu mengeluh masalah bibit yang tidak ada lagi," ucapnya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi