DPRD Rohil Harapkan Seleksi Sekda Bebas Intervensi

id dprd rohil, harapkan seleksi, sekda bebas intervensi

DPRD Rohil Harapkan Seleksi Sekda Bebas Intervensi

Rokan Hilir (Antarariau.com) - DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengharapkan agar proses seleksi terbuka atau "assesment" calon Sekretaris Daerah Rohil, yang sedang berjalan, dapat dilakukan sesuai dengan aturan dan tidak diintervensi.

"Jangan sampai ada yang namanya intervensi maupun titipan, sehingga nantinya didapatkan pejabat yang berkualitas dan berpengalaman serta memahami seluk beluk Kabupaten Rokan Hilir," kata Ketua Komisi A DPRD Rohil, Abu Khoiri di Bagansiapiapi, Selasa.

Menurut dia seorang Sekretaris Daerah (Sekda) harus orang yang benar-benar berkompeten dan memiliki pengalaman, serta mengerti dan tahu tentang kondisi Rohil secara umum.

"Selain putra daerah, dia juga tentunya harus seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), mempunyai Ilmu Pengetahuan dan kemampuan untuk membangun daerah ini," ucap dia.

Lebih lanjut Politisi Partai PKB Rohil ini menegaskan apabila Sekda Rohil sudah didapat melalui proses assesment tentunya mempunyai tugas dalam penyusunan kebijakan pemerintahan daerah yang baik, pembinaan administrasi dan aparatur pemerintahan daerah.

Sekda juga harus mampu mengembangkan dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

"Sekda itu harus bisa membantu tugas Bupati dan Wakil Bupati, juga harus bisa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat, seperti dengan kita di Dewan ini," demikian Abu Khoiri. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi