Disperindag Pekanbaru Usulkan Pengelolaan Gas Kota Diserahkan Kepada Perusahaan Daerah

id disperindag pekanbaru, usulkan pengelolaan, gas kota, diserahkan kepada, perusahaan daerah

Disperindag Pekanbaru Usulkan Pengelolaan Gas Kota Diserahkan Kepada Perusahaan Daerah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan mempercayakan pengelolaan bisnis gas kota (city gas) di Kecamatan Limapuluh kepada anak Perusahaan Daerah Pembangunan setempat.

"Kami sedang usulkan kepada Wali Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut di Pekanbaru, Selasa.

Ingot menjelaskan penentuan pengelola bisnis gas kota ini sesuai aturan dan juga atas sumbang saran dari Pertagas Niaga yang kini membangun sambungan jaringan.

Anak perusahaan ini nantinya akan bertugas melakukan pencatatan meteran pemakaian gas, melayanan pembayaran dan sebagainya.

"Jadi sudah dikaji sejauh mana kesiapan Perusahaan Daerah dan kini tinggal menunggu persetujuan Wali Kota," katanya lagi.

Menurut Ingot anak perusahaan Perusahaan Daerah yang akan mengelola bisnis ini diharapkan mampu menekan biaya subsidi dan hindari penambahan modal.

"Dalam kondisi keuangan yang saat ini krisis, Pemko tidak ingin kedepan gas kota ini beroperasi tetapi menambah beban pengeluaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," katanya lagi.

Jadi kata dia menambahkan diharapkan program penjualan gas kota ini bisa beroperasi September 2016. Dari 3.713 sambungan pipa gas kota yang sudah dibangun akan di uji coba bertahap.

"Tahap awal uji coba bagi 200 keluarga persektor, dari 11 yang ada," katanya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Pertagas Niaga selaku anak perusahaan Pertamina yang dipercaya pemerintah tuntas membangun sambungan gas kota di Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Vira Yusita Sari menjelaskan pembangunan jaringan pipa gas kota dianggarkan pada APBN tahun 2015.

"Besar anggarannya Rp70 miliar dari APBN," katanya menerangkan.

Ia mengakui proses pembangunan jaringan pipa gas kota sudah dimulai Oktober 2015 lalu hingga Maret tahun 2016.