Cegah Karlahut, Polres INHU Sediakan Jasa Pembuatan Sekat Kanal Gratis

id cegah karlahut, polres inhu, sediakan jasa, pembuatan sekat, kanal gratis

Cegah Karlahut, Polres INHU Sediakan Jasa Pembuatan Sekat Kanal Gratis

Rengat (Antarariau.com) - Pihak Polres Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau memberikan jasa pembuatan sekat kanal kepada masyarakat, kelompok tani dan perusahaan untuk pencegahan terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sejumlah wilayah setempat.

"Kami telah siagakan tenaga ahli untuk membantu," kata Kapolres Indagiri Hulu AKBP Abas Basuni melalui Kasat Bimas AKP Fauzi di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, jasa pembuatan sekat kanal ini gratis dan akan di bangun dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) sehingga kualitas terjamin untuk mengurangi dampak terjadinya Karlahut yang dikerjakan oleh tenaga berpengalaman.

Tim pembuatan sekat kanal akan bekerja optimal, dilakukan guna menjaga kelembaban tanah dan ketersediaan air, sehingga meski musim kemarau tanah khususnya di daerah gambut tetap lembab sehingga dapat mengantisipasi kebakaran.

"Sebaiknya masyarakat menyampaikan permohonan," sebutnya.

Pihak Polres sudah bekerja optimal selama ini dalam rangka meminimalisir terjadinya peristiwa kebakaran di sejumlah lahan masyarakat, namun upaya baru juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan antisipasi Karlahut yang meresahkan.

Salah satu warga Indragiri Hulu Pianur juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh Kepolisian setempat sangat positip, mestinya dimanfaatkan oleh sekelompok pengusaha yang memiliki lahan perkebunan.

"Selain itu sebaiknya di sampaikan kepada masyarakat agar diketahui secara luas," ujarnya.

Selama ini sebutnya, sejumlah wilayah di Inhu rawan kebakaran, khususnya di areal gambut maupun hutan yang letaknya jauh dari pemukiman penduduk karena sulit terpantau oleh masyarakat dan penegak hukum.

"Sanksi tegas harus diterapkan jika masih ada yang membandel dan tidak taat hukum melakukan pelanggaran," pintanya.