36 Posyandu Pasir Limau Kapas Rohil Tetap Buka Selama Ramadan

id 36 posyandu, pasir limau, kapas rohil, tetap buka, selama ramadan

36 Posyandu Pasir Limau Kapas Rohil Tetap Buka Selama Ramadan

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu khususnya di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan.

"Ada 36 Posyandu di Pasir Limau Kapas tetap buka melayani ibu-ibu dan balita yang datang berkunjung. Kader Posyandu dan tim kesehatan dari Puskesmas tetap semangat bekerja memberikan makanan tambahan berupa roti pada balita diatas enam bulan selama puasa," kata Kepala Puskesmas Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas Netty Juliana, Selasa.

Antusias para ibu-ibu sangat perlu diacungi jempol karena telah menyadari bahwa pentingnya mendapatkan imunisasi dasar serta untuk peninjauan tumbuh kembang terhadap balitanya.

Ia mengatakan, kegiatan Posyandu ini dilaksanakan sejak Senin (13/6), dengan pemegang program oleh Marlina, Ahmad dan Jailani sebagai juru imunisasi Puskesmas Panipahan.

Sebelum pelaksanaan di Posyandu, pihaknya terlebih dahulu melakukan diskusi dengan para kader tentang upaya dan langkah apa yang akan diambil guna meningkatkan kunjungan balita di Posyandu.

"Dalam kesempatan itu kita juga menyampaikan kiat-kiat dari Puskesmas serta tata cara dalam memberikan susu dan Milna serta roti bagi balita yang timbangannya Bawah Garis Merah atau BGM," kata Netty.

Ia juga menyarankan kepada para ibu agar terus mengunjungi Puskesmas apabila makanan tambahan yang diperuntukkan bagi balita BGM habis.

"Ini bertujuan agar kenaikan berat badan terus dipantau sehingga anak yang BGM tidak menjadi status gizi buruk," katanya menyarankan.

Selain itu pihaknya juga memberikan penyuluhan tentang ASI ekslusif yang merupakan makanan terbaik buat bayi.

"Berikan makanan pendamping ASI setelah bayi berumur enam bulan dan pemberian ASI sampai dua tahun," ajaknya. (Adv)