Besok Puasa, Warga Bengkalis Padati TPU Bersih-Bersih Kuburan

id besok puasa, warga bengkalis, padati tpu, bersih-bersih kuburan

Besok Puasa, Warga Bengkalis Padati TPU Bersih-Bersih Kuburan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Ratusan warga di Pulau Bengkalis, Provinsi Riau, padati pemakaman umum disetiap tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di daerah setempat guna membersihkan dan berziarah sempena menyambut bulan Ramadan 1437 h.

“Hari ini setiap pemakaman terlihat ramai orang- orang yang berziarah dan membersihkan kuburan, karena besok kita sudah mulai puasa,” kata warga Kelurahan Damon, Pak Emi (52) yang sedang menziarahi kuburan istrinya.

Ia mengatakan, setiap tahunnya menjelang Ramadan TPU di daerah itu selalu terlihat ramai dikunjungi oleh peziarah yang berziarah bahkan membersihkan area kuburan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Jamaludin (27) warga Kelurahan Rimba Sekampung Kota Bengkalis yang menziarahi kuburan ibunya yang terletak di TPU Taman Kota Layu.

“Kita sengaja pagi ini menziarahi kuburan orang tua, karena takutnya nanti sore lebih ramai lagi yang memadati pemakaman disini, dan disini setiap tahunnya memang ramai penziarah,” kata Jamaludin usai menziarahi makam ibunya di Bengkalis, Minggu.

Ia mengatakan, pemakaman di taman kota layu tersebut sudah mulai dipadati penziarah sejak tiga hari belakangan, namun menurutnya hari inilah puncak ramainya penziarah yang akan berziarah di TPU di daerah itu.

Dari pantauan Antara, bukan hanya tempat pemakaman umum dikelurahan Damon yang ramai di ziarahi, di Taman Kota Layu yang merupakan TPU kota Bengkalis itu juga terlihat ramai yang berziarah, begitu juga di TPU di Masjid Kuning yang terkenal dengan padatnya kuburan di daerah itu juga terlihat ramai peziarah. hampir disetiap pemakaman umum terlihat ramai penziarah begitu juga disetiap TPU di desa-desa di daerah itu.

Disamping itu, makam pahlawan yang terletak di Jalan Pramuka Desa Air Putih itu juga ramai diziarahi oleh sanak keluarganya.