Pekan Depan di Pekanbaru Panen Raya Cabai dan Bawang Merah

id pekan depan, di pekanbaru, panen raya, cabai dan, bawang merah

Pekan Depan di Pekanbaru Panen Raya Cabai dan Bawang Merah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan tidak lama lagi akan melakukan panen raya cabai merah dan bawang merah pada beberapa lahan diwilayah setempat guna menyambut Ramadhan 1437 H.

"Minggu depan sepertinya sudah ada yang panen cabai merah, tadi tim dari Kementerian Pertanian meninjau lokasi tanaman cabai kita," kata Kadistan Kota Pekanbaru, El Syabrina, di Pekanbaru, Rabu.

El Syabrina menjelaskan musim tanam cabai merah dan bawang merah memang sudah diatur dan diperhitungkan akan panen pada pekan menjelang bulan puasa hingga memasuki Ramadhan.

Menurut El menjelaskan pihaknya membuat kebijakan, lima bulan sebelum Ramadhan telah menanam cabai dan bawang di sentra pertanian. Diharapkan saat menjelang bulan Ramadhan sudah bisa dipanen.

"Jadi kami sudah atur produksi cabai merah Pekanbaru akan memasuki pasar selama Ramadhan. Diharapkan akan bisa membantu menutupi kekurangan nantinya," kata El.

Ditempat yang sama, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Distan M Nasir, membenarkan wilayah pertanian di Pekanbaru yang siap akan panen cabai merah di Kecamatan Rumbai Pesisir dan Rumbai.

Dia menambahkan, Dinas Pertanian dan Peternakan melalui petani yang dibinanya melakukan penanaman cabai dan dan bawang di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir dan Marpoyan Damai beberapa bulan lalu.

"Disana ada 15 hektare luasan tanaman cabai siap panen," kata M Nasir.

Menurut dia masa panen cabai merah ini akan direncanakan akhir Mei hingga awal Juni. Diperkirakan bertepatan bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Apalagi cabai dan bawang sering menjadi salah satu penyebab inflasi di Pekanbaru karena saat menjelang puasa dan Idul Fitri harganya akan melonjak cukup tinggi. Permintaan masyarakat Pekanbaru juga cukup tinggi, setidaknya masyarakat membutuhkan 4 ton sehari," ujar Nasir.

Ia juga menyebutkan untuk cabai akan dipanen awal Juni tepatnya minggu pertama Ramadan. Cabai yang dipanen sekitar 15 hektare di Kecamatan Rumbai Pesisir dan Rumbai. Sedangkan Bawang merah akan dipanen akhir Mei di Kecamatan Marpoyan Damai.

"Kami juga akan melakukan penanaman diwilayah lain dimasa datang, meski hanya mencukupi kebutuhan cabai dan bawang sebesar 25 persen dari total¿ keperluan," tegasnya.

Ia menambahkan disisi lain, untuk bawang merah akan dipanen akhir Mei di Kecamatan Marpoyan Damai.