Pengelola: Tidak Semua Koridor Bus Trans Metro Pekanbaru Berisi Penumpang

id pengelola tidak, semua koridor, bus trans, metro pekanbaru, berisi penumpang

Pengelola: Tidak Semua Koridor Bus Trans Metro Pekanbaru Berisi Penumpang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perusahaan Daerah (Perusda) Pembangunan milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengaku, tidak semua koridor dijalani bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) terisi penumpang setiap harinya di wilayah tersebut.

"Hanya beberapa koridor dari total delapan trayek di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya, ramai dinaiki penumpang," kata Direktur Utama Perusda Pembangunan, Heri Susanto di Pekanbaru, Jumat.

Hal itu diungkapkan Heri, terkait dengan rencana Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat ingin mengelola sembilan unit bus TMP berukuran besar, setelah selesai menjalani masa perbaikan.

Pihaknya tidak keberatan dengan rencana institusi tersebut bakal mengoperasikan sembilan unit bus TMP, diperkirakan mulai terealisasi bulan depan atau pada Mei tahun ini.

Informasi yang didapatnya, bus TMP berukuran besar akan melayani trayek satu yakni Pelita Pantai-Jalan Jenderal Sudirman-Bandara SSQ II-Jalan Kaharuddin Nasution-Jalan Pasir Putih-Perumnas Pandau.

"Koridor itu, ramai penumpang. Dalam satu hari, rata-rata kita layani sekitar 3.200 orang dari total sekitar 12.000 orang penumpang dengan jumlah bus TMP dioperasikan pada trayek satu sebanyak 12 unit," rinci dia.

Menurut dia, terdapat tujuh koridor lain dilayani bus TMP setiap hari seperti trayek dua yaitu Terminal Bandar Raya Payung Sekaki-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Imam Munandar-Kulim Atas.

Lalu trayek tiga yakni Kampus UIN-Jalan Subrantas-Kampus UNRI- Jalan SM Amin-Jalan Sukarno Hatta-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Cut Nyak Dien-Jalan Jenderal Ahmad Yani-Pasar Wisata.

Selanjutnya trayek empat yaitu Terminal Bandar Raya Payung Sekaki-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Sukarno Hatta-Jalan Subrantas-Jalan Sukarno Hatta-Jalan Kaharuddin Nasution-Pasir Putih-Torganda dan lain sebagainya.

"Bila sembilan unit bus jadi masuk ke trayek satu, maka jumlah bus yang kita kelola akan dikuragi untuk dioperasikan di koridor tersebut. Recana kita akan operasionalkan hanya 5 unit saja," tambah Heri.

Sedangkan sisa tujuh unit bus TMP lainnya akan dipindahkan ke trayek lain yang armadanya masih minim. "Kemungkinan di trayek tiga, empat dan trayek delapan," tuturnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Angkutan Perkotaan Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto mengaku, saat ini pihaknya telah memperbaiki sembilan dari total 20 unit bus TMP berukuran besar dan masih terongok di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru.

"Untuk saat ini, kami masih terfokus dengan rencana pengoperasian sembilan unit bus TMP karena telah diperbaiki," ucapnya.

Data pihaknya 75 unit bus TMP kini sedang dioperasikan Perusda Pembangunan melayani delapan koridor, lalu 11 unit bus TMP masih dalam proses perbaikan dan sembilan unit bus TMP telah selesai diperbaiki.

Lanjut Wisnu, perbaikan 11 unit bus TMP lagi, pihaknya menganggarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan Kota Pekanbaru Tahun 2016.

"Sebenarnya untuk 11 unit bus itu sudah kami anggarkan. Tapi karena ada rasionalisasi anggaran, makanya kami tunda terlebih dulu dan prioritaskan kegiatan yang lain," terang dia.