Setelah UGM, 37 Siswa Rohil Berprestasi Juga Ikut Seleksi IPB

id setelah ugm, 37 siswa, rohil berprestasi, juga ikut, seleksi ipb

Setelah UGM, 37 Siswa Rohil Berprestasi Juga Ikut Seleksi IPB

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Setelah melakukan seleksi ujian masuk di Universitas Gajah Mada (UGM) beberapa waktu lalu, kini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau kembali melaksanakan ujian tes masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diikuti sebanyak 37 siswa berprestasi.

"Latar belakang program beasiswa bagi siswa berprestasi ini tujuannya untuk menyiapkan SDM yang handal dalam rangka menggali potensi di Kabupaten Rokan Hilir," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan usai melakukan peninjauan ujian seleksi masuk IPB di Aula Kantor Dinas Pendidikan Rokan Hilir, Senin.

Sekda mengatakan, ujian seleksi masuk ke perguruan tinggi tersebut merupakan kerjasama Pemkab Rohil dengan pihak IPB yang sudah dilakukan dalam beberapa tahun belakagan, dan bahkan saat ini tercatat sebanyak 52 orang yang telah menyelesaikan kuliah.

Ia mengakui, Rohil memiliki kemampuan siswa secara akademik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, disisi lain banyak siswa berprestasi yang tidak mampu membiayai perkuliahan.

"Rohil juga belum ada perguruan tinggi yang disiplin ilmunya bisa menjawab potensi yang ada didaerah ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Rohil Amiruddin mengatakan, untuk anggaran yang tersedia beasiswa masuk IPB ini berjumlah 10 orang, namun jumlah ini mutlak dan tergantung dari hasil tes nantinya.

Selain ujian tertulis lanjutnya, nantinya juga akan dilakukan tes wawancara yang wajib diikuti oleh semua peserta.

"10 orang yang diterima, namun bisa jadi dibawah itu kalau nilainya tidak mencukupi juga tidak bisa dipaksakan," ujar Amiruddin.

Pelaksanaan ujian seleksi masuk perguruan tinggi ini juga dihadiri langsung dari pihak IPB diantaranya General Competency Program Bonny PW Soekarno dan dosen Fakultas Peternakan IPB Rudi Afnan.

(ADV)

Oleh Dedi Dahmudi