Sebulan Operasi Bersinar Siak, Polda Riau Amankan 6,6 Kg Sabu

id sebulan, operasi bersinar, siak polda, riau amankan, 66 kg sabu

 Sebulan Operasi Bersinar Siak, Polda Riau Amankan 6,6 Kg Sabu

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Riau berhasil menyita sebanyak 6,6 kilogram narkoba jenis sabu-sabu sepanjang Operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) Siak 2016.

"Dari operasi tersebut, selain mengamankan 6,6 kilogram sabu-sabu petugas juga menyita 19 kilogram ganja kering, 1.837 butir pil ekstasi dan 160 pil psikotropika jenis Happy Five," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Jumat.

Guntur mengatakan seluruh barang bukti yang diamankan itu merupakan hasil pengungkapan jajaran Polda Riau dan Kepolisian Resor selama Ops Bersinar Siak sejak 21 Maret - 21 April 2016.

Seluruh barang bukti itu, jelas Guntur, berasal dari tangan 363 tersangka dari total 261 kasus yang berhasil diungkap jajaran. Ia merincikan, seluruh tersangka itu terdiri dari 91 tersangka bandar narkoba, 253 pengedar dan 19 penyalahguna.

"Seluruh tersangka diproses berdasarkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," jelasnya.

Guntur mengatakan, Polresta Pekanbaru merupakan jajaran dengan pengungkapan terbanyak yakni 63 perkara. Kemudian Polres Bengkalis 27 perkara dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau dengan 24 perkara.

Menurut Guntur, jajaran Polda Riau akan terus mempersempit ruang gerak pengedar dan bandar narkoba dalam melancarkan aksinya. Guntur menyebutkan, pengungkapan paling banyak dilakukan di pemukiman padat penduduk seperti Kampung Dalam, kos-kosan, razia di jalanan dan sejumlah tempat hiburan.

Lebih jauh, ia mengatakan tidak akan menolerir pengedar dan bandar narkoba yang berhasil diberantas polisi. "Kita akan miskinkan mereka. Narkoba sudah sangat darurat," tegasnya.

Sementara itu, untuk penyalahguna narkoba, ia mengimbau agar segera melaporkan ke Polisi untuk mendapatkan rehabilitasi secara gratis. "Untuk pengguna, silahkan lapor ke Polisi. Kita sangat terbuka untuk membantu mereka mendapatkan rehab gratis," jelasnya.

Dijelaskan Guntur, selain menggiatkan upaya penindakan, pihaknya turut memaksimalkan upaya pencegahan dengan giat sosialisasi, kampanye serta komunikasi tentang bahaya narkoba.

Ia mengungkapkan Satgas Kampanye Ops Bersinar Jajaran Polda Riau telah melakukan giat sosialisasi sebanyak 5.796 kali diantaranya sosialisasi langsung, media dan secara tidak langsung.

"Kita terus sosialisasi ke kelompok masyarakat, mulai dari sekolah hingga ke pemerintahan," ujarnya.

Intinya adalah untuk mengingatkan ke masyarakat akan bahaya narkoba yang tentu saja akan merugikan masyarakat karena terlibat narkoba.