Buka MTQ Kecamatan Rengat Barat, Wabup Ajak Cintai Seni Islami

id buka, mtq kecamatan, rengat barat, wabup ajak, cintai seni islami

 Buka MTQ Kecamatan Rengat Barat, Wabup Ajak Cintai Seni Islami

Rengat, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau mengajak seluruh masyarakat muslim untuk terus meningkatkan pemahaman tentang arti dan makna ayat suci Alquran dan mencinta seni Islami.

"Misalnya, berkomitmen untuk melaksanakan program magrib mengaji menjadi salah satu usaha yang penting untuk terus dijalankan," kaa Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, cinta seni misalnya membaca Alquran dengan baik, memahami tata bahasa yang benar, tajwid dan nadanya jika semua itu berjalan dengan baik, maka tingkat kualitas iman akan semakin tinggi, masyarakat harus bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya khususnya sore dan malam hari untuk kegiatan keagamaan.

Tokoh Agama, guru mengaji dan para pendakwah diharapkan memiliki peran aktif menyampaikan kepada masyarakat untuk taat ibadah, tingkatkan kegiatan keagamaan hingga kepelosok desa.

"Dengan bersatu padu maka kegiatan akan sukses," sebutnya.

Wakil Bupati yang secara langsung menyampaikan pidato Bupati Inhu pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 18 Tingkat Kecamatan Rengat Barat yang dipusatkan di lapangan eks Terminal Gerbang Sari Pematang Reba, Senin (18/4) mendapat dukungan dari masyarakat.

Pesan Bupati agar sikap toleransi dan menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat juga menjadi penting, ujar Khairizal agar kondisi Inhu tetap aman, kondusip, MTQ adalah salah satu sarana untuk meningkatkan pemahaman arti penting sebuah kitap suci.

Camat Rengat Barat Nurdjanah juga mengharapkan agar melalui MTQ ini akan memunculkan kader yang Qurani, eratnya ukhuwah islamiah serta menciptakan generasi muda yang agamis.

"Terlaksananya MTQ ini bukan merupakan tujuan akhir, tetapi peningkatan kualitas diri dalam mengamalkan nilai-nilai Al-Qur¿an," jelas Nurdjanah.

Gelaran MTQ yang dijadwalkan berlangsung seminggu diikuti sebanyak 321 peserta dari 17 desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Rengat Barat.

Beberapa cabang yang diperlombakan diantaranya tilawah Al Quran yang terdiri dari tartil, tilawah anak-anak, tilawah remaja dan tilawah dewasa, Syahril Quran, Fahmil Quran, dan Khat Al-quran (kaligrafi) yang terdiri dari dekorasi, hiasan mushaf dan naskah.

"Pada kesempatan itu, atas nama Pemkab Inhu Wabup Khairizal menyerahkan secara simbolis bantuan mukena dan kain sarung sebanyak 200 buah kepada sejumlah perwakilan masyarakat," kata Kepala bagian Humas Pemkab Inhu Jawalter.

Menurutnya, hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Inhu Irwantoni, Anggota DPRD Inhu Suroko, Polsek, Danramil, unsur kecamatan, para kepala desa dan ketua BPD serta sejumlah tokoh masyarakat.