Kunjungan ke Pantai Solop Mulai Meningkat, Sampai 2.000 Per Bulan

id kunjungan ke, pantai solop, mulai meningkat, sampai 2000, per bulan

Kunjungan ke Pantai Solop Mulai Meningkat, Sampai 2.000 Per Bulan

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pengunjung wisata Pantai Solop yang terletak di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau meningkat dari biasanya 1.200-an orang perbulan dna yang ramai pada akhir pekan.

"Dalam beberapa bulan terakhir pengunjung sudah mencapai 1.500 hingga 2.000 orang perbulan dan mereka datang dari berbagai daerah, termasuk Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indragiri Hilir Junaidi di Tembilahan.

Dia mengatakan saat ini, sudah terdapat transportasi jenis kapal motor yang beroperasi di setiap akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu dengan biaya Rp170 ribu, itu termasuk biaya transportasi pulang-pergi, makan siang dan tiket masuk lokasi wisata pantai solop.

"Kami juga tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir untuk bersama-sama menyusun rencana pengembangan kawasan Pantai Solop ini," ungkapnya.

Dia memaparkan bahwa Pantai Solop ini adalah pantai berpasir putih yang merupakan pasir dari fosil hewan laut seperti kerang-kerangan dan sejenisnya serta pasir ini dikenal dengan nama pasir sirsak.

"Pasir-pasir ini terbentuk melalui proses yang panjang dan terjadi akibat dari hempasan gelombang pasang. Hal ini kemudian menyebabkan pasir sirsak ini terhampar di sepanjang Pantai Solop sehingga pantai ini terlihat indah dan memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri yang tidak ditemui di pantai-pantai lain," jelasnya.

Ia menyampaikan Pantai Solop ini terletak di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah dan dapat ditempuh dengan transportasi sungai maupun laut karena lokasinya berada di Pantai Timur wilayah Sumatera.

"Pantai Timur wilayah Sumatera merupakan alur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan dengan kota lain yang berada di Provinsi Kepulauan Riau seperti Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, Batam dan Tanjung Pinang bahkan hingga negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia," paparnya.

Kemudian disamping itu dia mengatakan bahwa waktu tempuh yang dibutuhkan dari Ibukota kabupaten, yaitu Tembilahan Kota menuju lokasi wisata itu dengan menggunakan transportasi air adalah sekitar 60 menit.

"Sedangkan dari Khiriah Mandah dan Concong luar waktu yang dibutuhkan untuk tiba di Pantai Solop hanya sekitar 30 menit, hal ini tentunya jika kondisi sungai tidak sedang bergelombang kuat," ujarnya.

(ADV)