Rumah Singgah YKAKI Riau Tampung 45 Anak Penderita Kanker

id rumah singgah, ykaki riau, tampung 45, anak penderita kanker

Rumah Singgah YKAKI Riau Tampung 45 Anak Penderita Kanker

Pekanbaru, (Antarariau.com)- Rumah singgah Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) di Provinsi Riau menampung 85 Anak Penderita Kanker yang berlokasi di Jalan Kartini Kota Pekanbaru.

"Untuk pasien baru ada 6 sampai 8 orang perbulannya artinya saat ini sekitar 45 orang dalam tahap pengobatan," kata dr. Eimi Ridar, SpaA

Lebih lanjut ia menjelaskan, setengah dari anak-anak penderita kanker merupakan kanker darah (Leukimia) dan separuhnya lagi kanker mata, kanker otak, kanker tulang serta kanker ginjal.

"Disinilah peran rumah singgah sebagai sosialisasi edukasi mengenai pengenalan dini kanker pada anak juga bekerja sama dengan dokter/ahli onkologi anak," ujarnya lagi.

Penyediaan rumah singgah ini bertujuan agar anak-anak penderita kanker bisa mendapatkan fasilitas, kenyamanan serta gizi mereka tercukupi selama masa pengobatan.

Kepala YKAKI Riau, Elvi rahmawati menambahkan di rumah singgah tersedia fasilitas "sekolahku" dimana anak-anak yang sedang sakit tetap bisa belajar dan tidak tertinggal pelajaran sekolah mereka, tenaga pendidik pendidik kami berlatar belakang sarjana pendidikan.

"Para relawan mengisi berbagai kegiatan hiburan seperti dongeng permainan dan lain sebagainya", ungkapnya.

Pihaknya juga menyediakan transportasi dari dan ke rumah sakit bekerja sama dengan transpor express untuk memastikan anak aman dari paparan virus selama perjalanan. (Diana Syafni)