Persiapan Imunisasi Nasional, Puskesmas Tembilahan Kota Lakukan Sweeping Polio

id persiapan imunisasi, nasional puskesmas, tembilahan kota, lakukan sweeping polio

Persiapan Imunisasi Nasional, Puskesmas Tembilahan Kota Lakukan Sweeping Polio

Tembilahan, (Antarariau.com) -Tim medis Puskesmas Tembilahan Kota, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau melakukan sweeping polio pada balita sebagai bentuk persiapan untuk pekan imunisasi nasional pada 8 Maret 2016 yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Pada Rabu, tim medis kami telah melakukan sweeping di Kelurahan Seberang Tembilahan Barat (Seteba). Disana kami langsung mendatangi rumah-rumah warga tepatnya di Sungai Manja Tebing RT 03 Rw 02," kata Kepala Puskesmas Tembilahan Kota Drg Wahyu Winda di Tembilahan, Kamis.

Dia mengungkapkan bahwa pada sweeping itu, telah ditemukan dua balita yang mengalami sakit panas tingggi dan mengalami kejang.

"Anak itu bernama Slamet (3) yang merupakan anak dari pasangan Rumana dan Marlin. Kemudian juga terdapat satu anak yang mengalami gejala epilepsi, dia bernama Alfu Sahren (3) anak dari pasangan Sarrial dan Yetni," ujarnya .

Menanggapi hal itu tim medis dari Puskesmas Tembilahan Kota langsung menanganinya dengan memberikan pemeriksaan dan pengobatan.

Dia menyatakan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan dari anak-anak itu, bahkan kalau diperlukan akan merujuk balita tersebut ke RSUD Puri Husada Tembilahan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik mengingat Puskesmas yang dipimpinnya saat ini belum mempunyai peralatan medis yang lengkap.

"Kami berharap kepada orangtua balita untuk terus bersemangat dalam merawat dan menjaga balita mereka," ujarnya.

Selain itu dia mengimbau dan mengingatkan seluruh warga untuk dapat mendatangi tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Posyandu pada 8 Maret untuk melakukan imunisasi polio dalam rangka pin polio agar Indonesia terbebas dari Polio.

"Datanglah ke Posyandu terdekat yang berada di lingkungan masyarakat setempat," katanya.

Lurah Seteba Marbai mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini, dia mengharapkan kegiatan seperti ini dapat silakukan secara berkelanjutan dan rutin agar warganya dapat mendapatkan pelayanan kesehatan karena mengingat jauhnya jarak untuk menuju ke Puskesmas atau RSUD.

"Kemudian untuk warga yang tidak mampu dapat mengurus surat keterangan tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis," katanya. (ADV)