Disdik Indragiri Hilir Motivasi Guru Dengan Lomba

id disdik indragiri, hilir motivasi, guru dengan lomba

Disdik Indragiri Hilir Motivasi Guru Dengan Lomba

Tembilahan, (Antarariau.com) – Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau memotivasi guru dengan mengadakan berbagai macam perlombaan, hal ini bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (Goptki) cabang daerah itu.

"Perlombaan ini dilaksanakan selama sehari, dengan memperlombakan tiga kategori yaitu lomba melukis dengan jari, mendogeng dan lomba membuat Alat Peraga Edukatif (APE) dari limbah," kata Kabid PAUD Disdik Indragiri Hilir Muhammad Irwan di Tembilahan, Rabu.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Guru TK dan PAUD yang ada di Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu.

"Perlombaan ini merupakan cara kita untuk memotivasi tenaga pengajar dan pendidik yang ada di TK dan PAUD Khususnya Kecamatan Tembilahan Kota dan Tembilahan Hulu dalam rangka menigkatkan kreatifitas dan memotivasi mereka dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan mereka," paparnya.

Dia berharap khususnya untuk perlombaan pembuatan APE ini nantinya dapat digunakan sebagai sarana bermain bagi anak-anak TK di tempatnya bertugas.

Dewan penasehat Goptki cabang Kabupaten Indragiri Hilir Zulaikhah Wardan mengatakan bahwa Goptki memiliki peran penting dan strategis sebagai tempat berhimpunnya organisasi penyelenggara taman kanak-kanak. Disamping itu Goptki juga memberikan kontribusi dan menjadi penentu dalam pembentukan kualitas generasi bangsa pada masa yang akan datang.

"Memberikan pendidikan kepada anak usia dini, memerlukan upaya-upaya penanganan yang serius, mengingat pada usia inilah pembelajaran nilai-nilai kebersihan, kesehatan, moral, sosial dan hidup bermasyarakat penting untuk ditanamkan.Menjadi guru TK atau Paud tidak semudah yang banyak orang bayangkan," katanya.

Menurut dia justru guru TK dan Paud adalah ujung tombak bagi pendidikan selanjutnya. Menjadi guru TK atau Paud dituntut untuk selalu sabar dan berinovatif untuk memberikan ilmu kepada anak didik.

"Yang kita hadapi ini adalah anak usia dini yang masih berada dalam dunia bermain. sehingga untuk membentuk pola pikir dan tingkah laku yang baik harus secara atraktif, terus menerus dan disesuaikan dengan umur agar anak tidak mudah stress di kemudian hari. Oleh karena itulah dipilih beberapa kegiatan lomba yang tujuan akhirnya akan berguna untuk para guru dalam mengembangkan pola pikir dan daya nalar anak didik, serta meningkatkan kreatifitas dan inovasi para guru untuk menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat dalam mendidik anak usia dini," jelasnya.

(adv)