Disdik: Indragiri Hilir Minim Tenaga Pengajar

id disdik, indragiri hilir, minim tenaga pengajar

 Disdik: Indragiri Hilir Minim Tenaga Pengajar

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau menyampaikan bahwa tidak hanya insfrastruktur saja yang tidak baik namun tenaga pengajar di daerah itu juga sangat minim.

"Gedung sekolah di daerah khususnya kecamatan sangat memprihatinkan dan memerlukan perhatian serius, selain itu guru PNS yang juga mengajar disana hanya satu orang guru untuk 31 sekolah," kata Kepala Disdik Kabupaten Indragiri Hilir Helmi D di tembilahan, Rabu.

Dia mengungkapakan bahwa sebanyak 31 sekolah yang PNS hanya satu orang, sisanya dibantu tenaga honorer. Kondisi ini dikatakannya terjadi karena tidak meratanya penyebaran guru di seluruh pelosok Indragiri Hilir dan terjadi penumpukan guru di Ibukota kabupaten yaitu Tembilahan.

"Ada empat ribu guru PNS di Inhil ini, tapi jumlah tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan guru yang ada," ucapnya.

Dia menyampaikan bahwa dari 31 sekolah itu, empat sekolah diantaranya hanya memiliki satu orang guru PNS, yang merangkap menjadi Kepala Sekolah, guru sekaligus penjaga sekolah.

"Hal ini disebabkan oleh jarak tempuh yang jauh, sehingga tidak banyak PNS yang betah tinggah disana," ujarnya.

Untuk mengatasi hal itu dia menegaskan bahwa dirinya sudah mulai tidak menyetujui siapa saja yang ingin pindah dari desa mengajar.

"Kita minta semua pihak mendukung lah, termasuk guru, jangan lagi minta pindah, saya juga, kalau ada yang mau pindah, tidak akan saya tanda tangani," tegasnya. (ADV).