Warga Pinggiran Dumai Siap Melawan Karhutla

id warga pinggiran, dumai siap, melawan karhutla

Warga Pinggiran Dumai Siap Melawan Karhutla

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Warga pinggiran Kota Dumai di Kecamatan Sungai Sembilan menyatakan sikap siap melawan kebakaran hutan dan lahan serta berkomitmen tidak melakukan pembakaran untuk pembukaan perkebunan.

Sikap warga kecamatan pinggiran Dumai ini disampaikan usai gelar apel bersama seluruh instansi terkait penanganan karhutla, disaksikan Dir Binmas Polda Riau Kombes Pol Sugiono dan Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus, Rabu.

Kombes Pol Sugiono menyampaikan apresiasi atas komitmen warga mencanangkan desa melawan karhutla ini sebagai rangkaian upaya mengurangi resiko bencana kabut asap yang berdampak buruk terhadap lingkungan.

"Kabut asap berdampak luar biasa di tengah masyarakat karena seluruh sektor bisa terganggu, baik perekonomian, kesehatan hingga aktifitas masyarakat, karena itu kita bangga dengan komitmen melawan Karhutla ini," katanya.

Dia menilai, masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan sudah membuktikan diri berupaya mengantisipasi Karhutla dengan nihil titik api pada 2015 ini.

Polda Riau, lanjut dia, terus berupaya mendorong komitmen pencegahan karhutla dengan kegiatan ikrar bersama seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah.

Sementara, Pj Wali Kota Dumai Arlizman Agus menyebutkan pencanangan desa melawan karhutla merupakan satu upaya dalam pencegahan resiko bencana asap dengan pelibatan peran serta masyarakat.

Upaya lain yang dilakukan, ditambahkan dia, dengan menggagas pembuatan kanal untuk mengantisipasi karhutla dan melakukan penghijauan agar lingkungan lebih hijau.

"Sudah saatnya pencegahan dilakukan sejak dini dan perlu ada peran serta masyarakat untuk mengantisipasi munculnya titik api," ujar dia.

Masyarakat menyampaikan lima poin pernyataan sikap, yaitu anti pembakaran lahan dan hutan, tidak membuka lahan dengan membakar, serta menjaga hutan dan lahan di kelurahan agar tidak terbakar.

Kemudian mendeteksi dini terhadap kawasan rawan karhutla dan berkomitmen akan melaporkan aksi pembakaran lahan kepada pihak berwajib serta siap menjadi saksi dari aksi pembakaran lahan yang terjadi di sekitar.