Warga pinggiran Pekanbaru antusias ikut vaksinasi digelar wartawan Kristiani dan lintas sektoral

id Vaksinasi, wartawan, pinggiran, antusias

Warga pinggiran Pekanbaru antusias ikut vaksinasi digelar wartawan Kristiani dan lintas sektoral

Tampak antusiasme warga Palas pada vaksinasi massal COVID-19 yang digelar wartawan Kristiani dengan lintas sektoral di Pekanbaru, Selasa (28/12/2021). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Ratusan warga pinggiran Kota Pekanbaru, Riau antusias ikut vaksinasi COVID-19 yang digelar Wartawan Kristiani setempat dengan menggandeng lintas sektoral seperti Korem 031 Wira Bima, Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Pekanbaru, serta Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F.SPTI)

Dari dua kali pelaksanaan vaksin Panitia Natal Wartawan (PNW) Riau tahun 2021 bahkan kewalahan dalam melayani membludaknya warga pinggiran Pasir Putih dan Palas.

"Pada pelaksanaan pertama tanggal 19 Desember lalu di Pasir Putih dari target 100 dosis vaksinasi melebihi hingga 150 dosis, hari ini lokasi kedua di RA Kopi Aren, Palas dari target 100 bahkan mencapai 342 orang," kata Sekretaris Panitia Natal Wartawan dan Insan Pers 2021 Mangasa Panjaitan di Pekanbaru, Selasa.

Hal yang sama diakui Ketua Panitia Natal Wartawan Henny Elyati. Menurutnya, peran jurnalis untuk menyukseskan program pemerintah sangat dibutuhkan. Apalagi di tengah pandemi.

"Kami ingin membantu kekebalan kelompok cepat tercapai maka salah satu kegiatan yang membedakan perayaan Natal wartawan tahun ini adalah vaksinasi COVID-19," kata Henny Elyati.

Ia mengatakan , awalnya panitia PNW Riau 2021 tidak mengira bahwa di daerah Palas ini masih banyak yang belum divaksinasi.

"Ternyata setelah melakukan penjajakan kepada SPTI di Pasir Putih Siak Hulu dan PW NU Riau di Palas, ternyata tingkat antusiasme masyarakat cukup tinggi," katanya.

Sementara itu Ketua PWNU Riau T.Rusli Ahmad mengatakan, bhakti sosial yang dilaksanakan antara lintas sektoral ini diharapkan mampu menepis pemikiran negatif terkait isu hoaks Vaksin COVID-19 itu haram.

"Semoga program vaksinasi ini dapat segera terealisasi penuh di Pekanbaru dan Propinsi Riau Umumnya," kata T.Rusli Ahmad.

Sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar menyebutkan vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat sudah mencapai 68 persen dari target 70 persen atau 4,8 juta jiwa penduduk sasaran vaksinasi.

"Capaian vaksinasi kita Alhamdulillah sudah 68 persen," kata Syamsuar belum lama ini.

Dia mengatakan kendati capaian vaksinasi di Riau sudah tinggi, namun Pemprov menargetkan bisa lebih dari target 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Semakin banyak masyarakat yang divaksinasi, katanya, maka kekebalan komunal masyarakat di Provinsi Riau hendaknya tercapai.

"Realisasi vaksinasi dosis pertama 68 persen artinya tinggal 2 persen lagi untuk mencapai target 70 persen. Mungkin dalam dua tiga hari ke depan sudah bisa mencapai 70 persen. Termasuk vaksinasi dosis kedua juga diharapkan dapat tingkatkan," katanya.

Ia juga bahkan mengapresiasi Kota Pekanbaru yang sudah mendekati 100 persen.

"Semoga Pekanbaru bisa vaksin 100 persen," tukasnya.