Bupati Inhu Gencar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Lahan

id bupati inhu, gencar sosialisasi, penanggulangan kebakaran lahan

Bupati Inhu Gencar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Lahan

Rengat, (Antarariau.com) - Penjabat Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Kasiarudin membuka pelaksanaan kegiatan Penyusunan Rencana meminimalisir kebakaran hutan dan lahan.

"Ini untuk meningkatkan kinerja dalam melakukan penghentian terkait kerusakan hutan," kata Ketua Panitia Pelaksana Jim Gafur di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, pelaksanaan kegiatan selama tiga hari kedepan yakni pada 3-6 November 2015 dengan tujuan mencari solusi terkait penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan agar dapat diminimalisir sehingga kabut asap tidak terjadi.

Peserta akan menyusun rencana kegiatan dan sumber anggaran serta saran dalam rangka penanggulangan bencana asap di daerah karena hal ini dinlai perlu mekanisme khusus agar langkah kegiatan berjalan lancar dan sesuai target, dimana selama ini kabut asap sudah sangat meresahkan dan merusak lingkungan.

" Semua acara diharapkan berjalan lancar dan menemukan langkah yang terbaik," sebutnya.

Sejumlah yang hadir yakni Kabid Pencegahan dan Kesiapan Siagaan BPBD Prov Riau Kamaruzaman beserta rombongan, beberapa kepala SKPD, Camat, Danramil dan Kepolisian, Ormas , Mahasiswa serta beberapa tokoh masyarakat.

Penjabat Bupati Indragiri Hulu Kasiarudin mengatakan, acara ini sangat positip dan dirinya menyambut baik pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana kegiatan kebakaran hutan dan lahan di Inhu sebab kegiatan ini sangat diperlukan sebagai upaya kesiapsiagaan terhadap terjadinya kebakaran pada musim kemarau.

Selain tertuang dalam undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan instruksi presiden nomor 16 tahun 2011 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan juga telah diamanatkan kepada setiap daerah agar mempunyai perencanaan terkait dengan penanggulangan bencana.

"Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik," ujarnya.

Hasil kegiatan nantinya akan tersusun dokumen perencananaan yang mampu mengidentifikasi, mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan didaerah.