Dua Calhaj Kepri Digabungkan Dengan Jamaah Riau

id , dua calhaj, kepri digabungkan, dengan jamaah riau

  Dua Calhaj Kepri Digabungkan Dengan Jamaah Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dua calon haji dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) digabungkan ke jamaah calhaj Provinsi Riau dalam kloter tujuh Embarkasi Batam saat diberangkatkan menuju Madinah, Arab Saudi.

Jamaah Riau berjumlah 443 orang dan ditambah 5 petugas kloter, sehingga dengan tambahan dua orang dari Kepri maka total yang diberangkatkan 550 orang, kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad A Azis melalui telepon dari Pekanbaru, Senin.

Ke-443 calhaj Provinsi Riau berasal dari dua kabupaten yakni 240 orang Bengkalis dengan asal dari Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir, serta 203 orang dari Kuantan Singingi.

Mereka diterbangkan pesawat Saudi Arabian nomor penerbangan SV 5713 dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepri langsung menuju Bandara Internasional Amir Muhammah bin Abdul Azis (AMAA) Madinah, Arab Saudi.

Bagi calhaj kloter enam embarkasi Batam khusus dari Provinsi Riau tidak terkendala dengan masalah visa.

"Alhamdulillah, untuk jamaah calhaj kali ini sama dengan beberapa kloter sebelumnya tidak ditemukan kendala visa," ujarnya.

Mengenai kesehatan para calhaj Riau, lanjut Azis, sebanyak 1.789 orang dari enam kloter embarkasi Batam yang telah tiba di Tanah Suci dalam keadaan sehat dan masih melakukan ibadah di Kota Madinah.

"Sementara ini, belum ada yang sakit atau dirawat di balai pengobatan, meski di Arab Saudi kini terjadi pertukaran cuaca dengan suhu udara diperkirakan 46 derajat Celcius," katanya.

Hingga kini embarkasi Batam sudah memberangkatkan 2.664 orang jamaah calon haji, 2.232 orang berasal dari Provinsi Riau dan 35 orang petugas kloter yang tergabung dalam tujuh kloter.

Berdasarkan data, Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam pada musim haji 1436 Hijriah/2015 Masehiakan memberangkatkan 8.911 orang calhaj dari empat provinsi.

Jamaah itu dari 795 orang asal Kepulauan Riau (kloter 1 dan kloter 15), 4.036 orang Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 orang Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 orang Jambi (kloter 16-20).