Haji - Calhaj Indragiri Hilir Dibagi Dua Kloter

id haji -, calhaj indragiri, hilir dibagi, dua kloter

Tembilahan, 1/10 (ANTARA) - Sebanyak 543 calon haji Indragiri Hilir akan dibagi dalam dua kelompok terbang, yakni kloter 12 dan 13 dan akan diberangkatkan pada 22-23 Oktober 2010.

Menurut Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Indragiri Hilir H Muammar Khadafi sampai saat ini data calhaj yang akan berangkat tercatat 543 orang, setelah dihitung satu orang mengundurkan diri, karena alasan pribadi.

"Sebelumnya, jumlah calhaj Inhil sebanyak 544, tapi ada satu orang yang mengundurkan diri dengan alasan pribadi. Jika pekan depan ada lagi yang mengundurkan diri, jumlah calhaj kita kembali akan mgngalami perubahan," katanya.

Ia mengatakan, bahwa sebanyak 99 calhaj yang berasal dari Kecamatan Kemuning, Kempas, Keritang dan Kuindra yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 akan diberangkatkan pada 22 Oktober dari Bandara Tempuling menuju Embarkasi Batam.

Sementara, sisanya sebanyak 444 calhaj yang tergabung dalam kloter 13 akan diberangkatkan pada 23 Oktober. Calhaj ini berasal dari Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu, Tempuling, Reteh, Gaung, Gaung Anak Serka (GAS), Concong, Kuala Indragiri (Kuindra), Mandah, Enok, Tanah Merah, Sungai Batang, Pelangeran, Kateman, Pulau Burung dan Teluk Belengkong.

"Pada tanggal 21 Oktober akan diadakan pertemuan dengan seluruh calhaj di Masjid Agung Al Huda untuk membahas masalah teknis pemberangkatan tersebut," ungkap Muammar.

Mengenai maskapai yang dipergunakan untuk mengangkut calhaj tersebut dari Bandara Tempuling menuju Embarkasi Batam, ia menyebutkan kemungkinan menggunakan armada milik PT Manunggal Air dari Jakarta.

"Namun untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan kepada Dinas Perhubungan Inhil, karena mereka yang menangani masalah armada yang akan digunakan untuk mengangkut calhaj Inhil. Karena mereka masih tahap negosiasi dengan pihak manajemen maskapai PT Manunggal Air di Jakarta," jelasnya.

Dia menyebutkan pada musim haji tahun ini biaya keberangkatan domestik Inhil ditetapkan sebesar Rp2.530.000. Biaya sebesar ini bagi keperluan angkutan pesawat, akomodasi dan keperluan lainnya sampai calhaj sampai ke embarkasi Batam.

"Memang biaya keberangkatan domestik calhaj Inhil ditetapkan sebesar Rp2.530.000. Biaya sebesar ini bagi keperluan mulai pemberangkatan calhaj dari kota Tembilahan menuju bandara Tempuling sampai ke embarkasi Batam," pungkasnya.