Haji - Dua Calhaj Rohul Mendadak Batal Berangkat

id haji -, dua calhaj, rohul mendadak, batal berangkat

Pasir Pengaraian, Riau 20/10 (ANTARA) - Sebanyak dua orang calon haji (calhaj) asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, batal berangkat menunaikan ibadah haji, Rabu, karena mendadak sakit.

"Seharusnya mereka berangkat hari ini, tapi ternyata kami tadi baru saja menerima surat pengunduran dirinya karena sakit," kata Kepala Kementerian Agama, Kabupaten Rohul Ahmad Supardi Hasibuan kepada ANTARA di Pasir Pengaraian, Rabu.

Ia menjelaskan, salah seorang yang batal berangkat menunaikan ibadah haji itu disebabkan sakit ginjal bernama Khaironi yang merupakan calhaj asal Kecamatan Rambah Hilir. Kemudian, satu orang lagi adalah Hasmidah, istri Khaironi.

Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, kedua calhaj yang batal berangkat itu akan diperioritaskan pada pemberangkatan 2011 mendatang, karena mereka tidak meminta pengembalian Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah dilunasinya.

"Kita hanya bisa berdo'a supaya dia sepat sembuh, sehingga mereka bisa berangkat berdua," harapnya.

Dia mengatakan, 532 calhaj Rohul rencananya akan diberangkatkan menuju Embarkasi Batam, tapi dua diantaranya batal maka haj Rohul secara keseluruhan hanya tinggal 530 orang.

"Kita harapkan seluruh calhaj yang sudah diberangkatkan tadi serta bagi yang belum berangkat untuk dapat menjaga kesehatannya," ujarnya.