Calhaj Rokan Hulu Dibagi Dua Kloter

id calhaj rokan, hulu dibagi, dua kloter

Pasir Pengaraian, Riau 29/9 (ANTARA) - Calon haji asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, yang akan berangkat dari embarkasi Batam dibagi dua kelompok terbang (kloter).

"Rencannya, menurut jadwal calon haji (calhaj) kita akan berangkat dengan dibagi dua kloter. Untuk kloter pertama akan berangkat tanggal 22 Oktober dan Kloter kedua akan berangkat tanggal 23 Oktober tahun 2010", kata Kepala Kementerian Agama (Kakemanag), Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan, kepada ANTARA, Rabu.

Dia mengatakan, calhaj Rohul berada pada urutan kloter ke-11 dan 12, dimana setiap satu kloter akan berjumlah 445 orang dari jumlah calhaj Rohul sebanyak 532 orang.

"Untuk tingkat Provinsi Riau, kita berada pada Kloter 11 dengan jumlah 445 calhaj, kemudian selebihnya pada kloter 12. Calhaj Rohul akan digabung dengan calhaj asal Kabupaten Inhil dan Kuansing", ujarnya.

Dikatakannya, 445 calhaj yang tergabung tergabung dalam tanggal 22 Oktober itu diberangkatkan sekitar pukul 10.00 Wib, begitu juga 87 calahj pada tanggal 23 Oktober 2010 juga akan diberangkatkan pada waktu yang sama yang tergabung calhaj Inhil dan Kuansing.

Untuk penetapan biaya domestik pemberangkatan JCH dari Bandara Tuanku tambusai ke Embarkasi Batam, kata Ahmad Supardi, belum bisa ditetapkan sebab masih menunggu Surat Keputusan dari Bupati.

Prediksinya, biaya domestik tahun 2010 ini tidak mengalami kenaikan secara signifikan dibandingkan tahun 2009 lalu.

"Kalau biaya domestik tahun 2009 lalu mencapai Rp3.778.000 per orang, tahun ini jika mengalami kenaikan hanya sekitar Rp200 ribu saja, tapi itu sudah termasuk biaya penginapan bagi calhaj sebelum masuk asrama haji", katanya.

Dia menambahkan, dari 532 calhaj itu sebelumnya akan dilepas dari Masjid Agung Pasir Pengaraian dan kemudian menuju Bandara Tuanku Tambusai untuk diberangkatkan meuju embarkasi Batam.

"Sebelumnya akan kita lakukan sebuah acara seremonial pelepasan di Masjig Agung Pasir Pengaraian", ujarnya.