Pekanbaru "Job Expo" Terima 6.554 Lamaran

id pekanbaru job, expo terima, 6554 lamaran

Pekanbaru "Job Expo" Terima 6.554 Lamaran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru mengungkapkan, selama empat hari penyelenggaraan bursa tenaga kerja atau Pekanbaru "Job Expo" telah menerima 6.554 lamaran dari berbagai jenjang pendidikan.

"Hari ini Pekanbaru Job Expo 2015 ditutup, hasilnya maksimal," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Jhony Sarikoen, di Pekanbaru, Kamis.

Jhony menuturkan, walau tahun ini hanya ada 65 perusahaan yang ikut dalam kancah bursa tenaga kerja. Dengan jumlah lapangan kerja yang disediakan 3.000-an. Namun antusiasme pencari kerja (pencaker) sangat tinggi.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan tahun lalu ada penurunan perusahaan peserta, namun hal ini tampaknya tidak menyurutkan pencaker justru tahun ini meningkat jumlahnya.

"Tahun lalu yang memasukkan lamaran sekitar 5.000 an, tahun ini ada kenaikan sekitar 1.554 lamaran," paparnya.

Ia merinci Pekanbaru "Job Expo" yang di gelar pada Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, sebahagian besar diikuti oleh lulusan sarjana Strata Satu (S1) yang jumlahnya mencapai 4.081, disusul, D3 sebanyak 931, kemudian SMK 769 orang, SMA 721 orang, S2 sebanyak 36 orang, D1 sebanyak 14 orang dan SMP 2 orang.

"Umumnya mereka melamar pada bidang perbankan, kesehatan dan jasa perdagangan," urai Jhony Sarikoen.

Menurut Jhony, pada hari terakhir pembukaan Pekanbaru "Job Expo" jumlah pencaker yang mengantarkan lamaran membludak. Jumlahnya lebih besar dibandingkan rata-rata perharinya.

"Barangkali karena ini penutupan," ujarnya.

Ia berharap lewat ajang Pekanbaru "Job Expo" akan banyak tenaga kerja yang bisa diserap oleh perusahaan. Sehingga bisa mengurangi pengangguran di Pekanbaru.

"Ini merupakan upaya nyata kami untuk mempertemukan penguna tenaga kerja dengan pencari kerja," pungkasnya.

Ia menambahkan pada ajang Pekanbaru "Job Expo" perusahaan langsung melakukan seleksi kepada pelamar. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang langsung melakukan interview dan psikotes langsung dilokasi acara.

"Ajang Pekanbaru "Job Expo" memang bukan hanya sekedar kegiatan rutinitas saja tetapi sebagai upaya untuk mencari tenaga kerja yang berkualitas," tambahnya.