Pemkot Dumai Siapkan Beasiswa Mahasiswa Rp700 Juta

id pemkot dumai, siapkan beasiswa, mahasiswa rp700 juta

Pemkot Dumai Siapkan Beasiswa Mahasiswa Rp700 Juta

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai Riau melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menyiapkan anggaran sebesar Rp700 juta selama 2015 untuk beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Kepala Bagian Kesra Pemkot Dumai Asnam di Dumai, Kamis, menyebutkan penyaluran dana bantuan pendidikan itu berbeda dibanding 2014 yang hanya satu kategori, sedangkan 2015 dianggarkan berbeda untuk mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

"Pada 2014, dana beasiswa ini hanya untuk satu kategori dan pelaksanaan tidak lancar sesuai harapan," kata Asnam kepada wartawan.

Dia menjelaskan calon penerima beasiswa bantuan itu diwajibkan memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan, yaitu terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kurang mampu dan didukung pernyataan orangtua diketahui pejabat RT dan lurah setempat.

Syarat lainnya, peserta masih menjadi mahasiswa aktif yang berkuliah di perguruan tinggi, memilki indeks prestasi kumulatif minimal yang ditetapkan dan sudah berada di semester tertentu.

"Kami belum mengetahui berapa jumlah penerima bantuan beasiswa ini, namun dipastikan setiap mahasiswa akan dibantu sekitar Rp3 juta hingga Rp5 juta," jelasnya.

Program beasiswa yang bersumber dari APBD Dumai 2015 itu, lanjut dia, diharapkan bisa terlaksana dengan baik dan lancar serta tepat sasaran agar dapat mencapai tujuan memudahkan biaya pendidikan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Pada tahun anggaran 2014 Pemkot Dumai mengucurkan Rp4,5 miliar dana bantuan pendidikan mahasiswa aktif dari berbagai perguruan tinggi dan berasal dari keluarga kurang mampu serta berprestasi untuk Diploma III hingga Strata-3.

Program itu selain untuk mengurangi beban biaya pendidikan di masa perkuliahan, juga membantu mahasiswa yang akan menyelesaikan studi di berbagai jurusan.