Kejari Bengkalis Gelar Kontes Batu Akik

id kejari bengkalis, gelar kontes, batu akik

Kejari Bengkalis Gelar Kontes Batu Akik

Bengkalis, (Antarariau.com)- Kejaksaan Negeri Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar pameran dan kontes batu akik bertajuk "Adhyaksa Gamestone" dalam rangka memperingatai hari Adhyaksa ke-55.

Pameran dan kontes batu akik tersebut dipusatkan di lokasi pusat jajanan dan cendrama di areal Sungai Bengkel di Kota Bengkalis yang dibuka secara resmi oleh Bupati Herliyan Saleh, Senin (27/4).

Peresmian pameran dan kontes disambut hangat oleh pengemar dan pecinta batu akik di Kota Bengkalis dan ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkalis, Mukhlis.

"Meskipun di daerah ini bukan daerah yang menghasilkan bahan untuk dibuat batu akik, namun Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung sepenuhnya pameran dan festival batu akik yang dilaksanakan kejari Bengkalis ini," kata Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh.

Ia mengatakan, kegiatan seperti pameran dan kontes tersebut dinilai positif dan bermanfaat.

"Disamping bisa menciptakan lapangan kerja baru. Di luar aspek ekonomi, dapat dijadikan sarana untuk menghindari tindakan yang bersifat negatif," katanya.

Selain itu katanya dapat hal tersebut dijadikan ajang untuk menyalurkan, hobi, bakat dan seni seseorang.

"Apalagi dalam Adhyaksa Gamestone ini juga diadakan lomba mengasah batu akik terbaik. Kita mendukung sepenuhnya kegiatan seperti ini, tapi tidak sebagai penyelenggara" jelasnya.

Sementara itu, kejaksaan Negeri Bengkalis, Mukhlis mengatakan pameran yang dibuka 27 april akan berlangsung hingga 1 mei mendatang, dan diikuti sebanyak 24 peserta.

"Peserta tersebut merupakan peserta dari Bengkalis sendiri dan dari luar daerah seperti Kota Dumai dan Pekanbaru. Sedangkan dari luar Provinsi Riau diantaranya dari Medan dan sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat," katanya.

Ia menjelaskan, adapun batu yang dilombakan ada lima jenis batu, diantaranya, Bacan, idocrase/lumut, picture agate/batu akik bergambar bebas, campuran dan polos Riau.

Ikut hadir dalam pembukaan kotes tersebut Ketua DPRD H Heru Wahyudi, Wakil Ketua DPRD Indra `Eet Gunawan, Kapolres Bengkalis A Supriyadi, Ketua Pengadilan Negeri Rustiyono, Pasi Personalia Dandim 0303/Bengkalis Noto Susilo, dan Sekretaris Daerah H Burhanuddin. (Adv)