Dukung pariwisata, PLN hadirkan listrik andal sukseskan Kenduri Riau 2024

id Pln, pln riau, kenduri riau

Dukung pariwisata, PLN hadirkan listrik andal sukseskan Kenduri Riau 2024

Suasana malam puncak Kenduri Riau di Pekanbaru, Minggu (20/10). (ANTARA/HO-PLN)

Pekanbaru (ANTARA) - Hadirkan listrik yang andal dan berkualitas untuk mendukung wisata budaya, PLN sukseskan perhelatan Kenduri Riau 2024 yang digelar di Bandar Seni Raja Ali Haji Pekanbaru yang puncaknya berlangsung meriah dan dihadiri belasan ribu pengunjung pada Minggu (20/10).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau Tonny Bellamy, menuturkan pihaknya telah mempersiapkan sistem kelistrikan yang andal untuk mendukung seluruh kegiatan, baik di lapangan pusat kegiatan maupun di tempat-tempat objek vital dan pusat keramaian.

"PLN telah mempersiapkan infrastruktur kelistrikan sebelum event berlangsung. Persiapan di antaranya dari sisi pasokan energi listrik yang berada dalam kondisi cukup dan telah dilakukan pemeliharaan dari sisi pembangkitan, transmisi hingga distribusi sebelum ivendiselenggarakan Sehingga kelistrikan siap, aman, dan andal," kata Tonny dalam pernyataannya.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik, khususnya yang menuju lokasi perhelatan Kenduri Riau, hal ini dilakukan untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan listrik, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga: Pasokan listrik berlapis sukses layani pelantikan Presiden dan Wapres

"PLN turut menyiagakan total 1 unit genset dan 1 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total daya sebesar 450 kilo Volt Ampere (kVA) di lokasi acara. Suplai listrik yang tersedia perlu kami amankan juga lewat sistem back up kelistrikan dari genset dan UPS agar menjamin dan meminimalisir tidak terjadinya potensi gangguan pada acara Kenduri Riau 2024. Pola pengamanan pasokan listriknya sudah kami siapkan secara sistematis," ujar Tonny.

Sementara Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan menjelaskan kegiatan Kenduri Riau 2024 dapat menjadi ajang perayaan budaya yang memperkuat persatuan serta mendukung perkembangan industri kreatif di Riau sehingga, dunia bisa dapat melihat potensi ekonomi kreatif dan pariwisata Riau.

"Geliat wisata Riau juga ditunjukkan dengan terbukanya objek-objek wisata baru. Sebagian besar destinasi baru yang hadir tidak terlepas dari pemberdayaan dan keterlibatan penuh dari Pemprov Riau serta seluruh pihak, termasuk masyarakat Riau," pungkasnya.

Baca juga: Berhadiah total Rp480 juta, pendaftaran PLN Journalist Award 2024 dua pekan lagi