Apresiasi pos bhabinkamtibmas di Desa Bokor, Kapolda Riau minta pelayanannya ditingkatkan

id Kapolda Riau ke Meranti ,Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor,Bhabinkamtibmas Desa Bokor,Desa Bokor ,Kepulauan Meranti ,Aipda Ashobirin

Apresiasi pos bhabinkamtibmas di Desa Bokor, Kapolda Riau minta pelayanannya ditingkatkan

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi istri jajarannya beserta Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setiawan mengunjungi Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Jumat (11/10/2024). (ANTARA/HO-Polsek Rangsang Barat) (ANTARA/HO-Polsek Rangsang Barat)

Selatpanjang (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen PolMohammad Iqbal sangat mengapresiasi pembangunan Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti yang dinilai begitu unik.

Dia berharap keberadaan Pos Bhabinkamtibmas yang mengadopsi kearifan lokal ini dapat meningkatkan pelayanan serta kegiatan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di Desa Bokor yang merupakan salah satu wilayah pulau terluar.

"Saya apresiasi Bhabinkamtibmas Bokor. Jangan sakiti hati masyarakat. Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat," pesan M Iqbal di sela-sela kunjungan kerja meresmikan pembangunan sarana air bersih dan renovasi Mushola An-Nur Desa Telaga Baru, bersama isterinya, Nindya Mohammad Iqbal, Jumat kemarin.

Di kesempatan itu, Pj Bupati Kepulauan Meranti Roni Rakhmat yang menyambut kedatangan Kapolda Riau merasa sangat kagum saat melihat keunikan Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor.

"Ini sangat bagus dan unik. Belum pernah dijumpai," kata Roni seraya mengajak Bhabinkamtibmas Desa Bokor, Aipda Ashobirin berfoto bersama.

Kepala Desa Bokor, Irianto Abdullah menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kapolda ke desa yang ia pimpin untuk melihat pos Bhabinkamtibmas dimaksud.

"Terima kasih pak Kapolda. Kami bangga atas kedatangan Kapolda Riau ke wilayah kami, karena belum pernah desa kami ini di kunjungi pejabat setingkat Kapolda. Selain itu, ucapan yang sama juga tentunya kami sampaikan kepada Kapolsek Rangsang Barat yang terus bersinergi dengan Pemdes Bokor," ucapnya.

Ia menuturkan bahwa Pemerintah Desa Bokor sangat mendukung keberadaan Pos Bhabinkamtibmas berbasis digital. Dia pun berharap pos tersebut dapat menambah motivasi belajar anak-anak pulau terluar, khususnya di Desa Bokor.

"Terima kasih atas kunjungan Kapolda ke desa kami. Pemerintah Desa Bokor tentunya sangat berterima kasih dengan keberadaan pos Babinkamtibmas berbasis IT ini. Setidaknya bisa mengajarkan literasi digital sebagai pengetahuan yang memanfaatkan media digital, seperti alat-alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya," sebut Irianto.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Bokor, Aipda Ashobirin membeberkan bahwa pos Bhabinkamtibmas tersebut sebagai pilot project dengan bangunan unik mengadopsi konsep edukasi, wisata dan lainnya yang menggambarkan budaya Desa Bokor sebagai tujuan wisata yang dibangun atas kolaborasi pemerintah desa.

"Pos Bhabinkamtibmas ini bukan hanya sekedar berfungsi menjaga situasi kamtibmas, akan tetapi juga sebagai tempat edukasi masyarakat di bidang pengetahuan literasi digital (Pustaka Digital)," bebernya.

Saat ini, sebutnya lagi, Pos Bhabinkamtibmas Desa Bokor juga telah dilengkapi dengan Wi-Fi dan charger. gratis hingga dermaga bagi masyarakat yang berkunjung ke sana.

"Ini juga sebagai sarana masyarakat daerah terluar meningkatkan literasi digital guna menghindari efek negatif dari internet, seperti Hatespeech, berita hoax, permasalahannya judi online dan konten-konten negatif lainnya," tutup Aipda Ashobirin.