Walikota: Pekanbaru Job Expo Bisa Tekan Pengangguran

id walikota pekanbaru, job expo, bisa tekan pengangguran

Walikota: Pekanbaru Job Expo Bisa Tekan Pengangguran

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kegiatan Job Expo 2014 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, adalah upaya untuk menekan angka pengangguran yang setiap tahun cenderung meningkat, kata Wali Kota Firdaus MT.

"Job Expo merupakan ajang bagi para generasi muda atau pekerja dengan berpenghasilan rendah untuk mencari karirnya," kata Firdaus kepada pers di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, Job Expo kali ini merupakan yang ketiga kalinya selama Firdaus menjabat sebagai Wali Kota Pekanbaru.

"Sasaran dari kegiatan ini ingin memfasilitasi antara tenaga kerja yang membutuhkan lapangan pekerjaan dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Sinergitas ini yang harus ditingkatkan agar kedepan tidak ada lagi pengangguran di Pekanbaru," katanya.

Selama ini, demikian Firdaus, banyak perusahaan yang cenderung tertutup dalam memberikan informasi mengenai rekrutmen untuk tenaga kerja.

Padahal, katanya lagi, seharusnya rekrutmen tenaga kerja adalah hal yang harus terbuka agar adanya daya saing dan membuka peluang bagi para tenaga kerja lokal.

"Ada peraturan daerah yang mewajibkan perusahaan untuk merekrut tenaga kerja lokal dan hanya beberapa persen saja dari luar daerah atau luar negeri," katanya.

Atas dasar kondisi inilah yang kemudian, menurut dia, Pemkot Pekanbaru melakukan evaluasi secara terus menerus.

"Maka kemudian tercanang kegiatan Job Expo ini sejak tiga tahun lalu dan akan terus berlanjut. Kali ini ada lebih 70 perusahaan yang ikut ambil bagian," katanya.