Antusias, ratusan tamu pelantikan Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar rela menunggu di luar ruangan

id Antusias, ratusan,tamu, pelantikan,Bupati, dan ,Walikota, di Riau, menunggu,di luar ruangan

Antusias, ratusan tamu pelantikan Pj Walikota Pekanbaru  dan Bupati Kampar  rela menunggu di luar ruangan

Tampak tamu undangan pelantikan Bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru menanti di luar ruangan, Pekanbaru, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelantikan dua kepala daerah yakni Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, Riau sangat tinggi ini terpantau dari ramainya pelataran parkir dan emperan Gedung Daerah tersebut oleh para undangan pada Senin.

Pemandangan unik terjadi mereka yang datang termasuk awak media justru tidak bisa masuk ke dalam ruangan yang disediakan untuk menyaksikan pengangkatan sumpah jabatan kedua pejabat yang dinantikan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Kota Pekanbaru, Firdaus salah satu yang setia menanti pengangkatan sumpah jabatan dua orang penting tersebut mengatakan, undangan terbatas hanya disediakan untuk 15 pejabat.

Namun ia mengaku tetap menghadiri walau harus menunggu di luar ruangan.

"Ini bentuk partisipasi sebagai pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru," kata Firdaus di Pekanbaru, Senin.

Pantauan ANTARA, sebahagian besar awak media juga ikut menanti pelantikan di luar ruangan sesuai informasi yang didapat dari petugas yang menjaga pintu masuk, bahwa undangan terbatas dan yang boleh masuk hanya pemegang undangan.

Ada beberapa awak media yang diijinkan masuk seperti RRI dan TVRI sebagai penyelenggaraan siaran langsung untuk pengukuhan.

Selain itu juga pintu masuk dilengkapi alat detektor bagi setiap pejabat yang hendak masuk dilakukan pemeriksaan.

Sebelumnya diberitakan Pemprov Riau sudah menerima surat keputusan (SK) mengenai Penjabat (Pj.) Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sabtu.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau M. Firdaus di Pekanbaru, Sabtu, menyebutkan pada SK tersebut Muflihun sebagai Penjabat Wali Kota Pekanbaru dan H. Kamsol sebagai Penjabat Bupati Kampar.

"SK sudah kami terima pada Sabtu pagi tadi. Untuk Pj. Wako Muflihun dan Pj. Bupati Kampar Pak Kamsol. Selanjutnya, SK tersebut langsung diserahkan kepada Gubernur Riau Syamsuar," katanya.

Setelah menerima SK tersebut, selanjutnya pihaknya akan melakukan pelantikan dua penjabat tersebut yang akan dijadwalkan pada hari Senin (23/5).

Jadwal tersebut mundur dari yang sudah ditetapkan sebelumnya, yakni pada hari Ahad (22/5\) atau tepat di akhir masa jabatan (AMJ) dua kepala daerah tersebut.

"Pelantikan jadinya pada hari Senin (23/5) pukul 09.00. Tempatnya masih sama, yakni di Balai Serindit, kompleks Gedung Daerah Riau," ujarnya.

Pelantikan akan dilakukan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar. Saat pelantikan, juga akan dihadiri oleh Forkopimda Riau juga Forkopimda Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

"Tamu undangan yang hadir juga dibatasi, yakni hanya untuk 60 undangan saja mengingat masih dalam pandemi COVID-19," tukasnya.