Tiga kafilah putri Pekanbaru juarai Fahmil Quran MTQ Riau 2024

id Pemerintah Provinsi Riau

Tiga kafilah putri Pekanbaru juarai Fahmil Quran MTQ Riau 2024

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Muliardi. ANTARA/HO-Humas Kemenag Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Tiga kafilah putri asal Pekanbaru yakni Aisyah Mawaddah, Hanifah Ramadani, Zulaikha Azzahira Abenamenjuarai Musabagah Tilawatil Quran, ke-XLII tahun 2024 tingkat Provinsi Riau dari cabang Fahmil Quran putri.

Pada babak final kafilah Kota Pekanbaru mengalahkan 3 finalis lain yakni dari Kabupaten Kuansing, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Rokan Hilir yang digelar di Aula Pertemuan Sasana Mitra - PT KPI Unit Dumai, Rabu (24/4).

"Dalam babak final ini, kafilah perwakilan Kota Pekanbaru juara pertama dengan perolehan sebanyak 1.005 poin. Alhamdulillah Pekanbaru keluar sebagai Juara 1 untuk cabang fahmil Qur’an kategori putri, dalam perlombaan anak-anak diberikan motivasi agar dalam tampil tidak terbebani agar bisa percaya diri," kata Suhardi, Kamis.

Ia berharap peserta untuk cabang fahmil Qur’an ini jangan cepat puas diri dan harus terus meningkatkan kompetensi diri, terutama dalam penguasaan bahasa dan kelemahan-kelemahan di bidang lain.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Muliardi, mengatakan pelaksanaan MTQ XLII tahun 2024 tingkat Provinsi Riau, digelar di Kota Dumai diikuti peserta dari 12 Kabupaten Kota dengan jumlah peserta mencapai 809 peserta dari seluruh daerah.

"Pada pelaksanaan MTQ XLII Provinsi Riau Tahun 2024 dimulai dari proses pendaftaran hingga publikasi kejuaraan menggunakan sistem aplikasi e-Mtq. Peserta yang sudah terdaftar pada aplikasi e-mtq sebanyak 807 orang utama dan 5 orang peserta cadangan," katanya.

Muliardi mengatakan jumlah peserta pada MTQ XLII tahun 2024 berjumlah 809 orang lebih banyak dibanding tahun 2023 sebanyak 746 orang. Jumlah peserta bertambah karena ada penambahan golongan yang dipertandingkan yakni golongan digital pada cabang kaligrafi.

Ia mengatakan tahun 2024 merupakan tahun ketiga kita melaksanakan keterbukaan informasi, nilai -nilai peserta setelah di proses penilaian dan persetujuan dari Majelis Hakim akan di publikasi melalui web https:// dewanhakim.e-mtqriau.com".

"MTQ digelar merupakan salah satu upaya dalam pembinaan keagamaan yang diharapkan mampu memberikan dampak dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama," demikian Muliardi.

Pada pelaksanaan MTQ XLII Provinsi Riau 2024 yang dipertandingkan 10 cabang musabaqah yaknicabang seni baca Al Quran, cabang Qira'at Al Quran, cabang Hafalan Al Quran, cabang Tafsir Al Quran,

cabang Fahm Al Quran, cabang Syarh Al Quran, cabang seni kaligrafi Al Quran, cabang Karya Tulis Ilmiah Al Quran (KTIQ), cabang Hadits, Barzanji.

Kabupaten dan kota yang mengirim peserta Bengkalis 68 orang, Indragiri Hilir 67 orang, Indragiri Hulu 68 orang, Kampar 66 orang, Kep. Meranti 63 orang, Kuantan Singingi 68 orang, Pelalawan 67 orang, Rokan Hilir 69 orang, Rokan Hulu 68 orang, Siak 69 orang, Dumai 65 orang dan Pekanbaru 69 orang.