11 makanan di CFD Pekanbaru tak mengandung bahan berbahaya

id BBPOM di Pekanbaru

11 makanan di CFD Pekanbaru tak mengandung bahan berbahaya

Deretan pelaku UMKM Kuliner pada CFD Pekanbaru setiap Minggu pagi. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 11 jenis makanan dan minuman yang dijual pedagang dengan memanfaatkan kawasan hari bebas kendaraan (car freeday/CFD) di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, Minggu (4/2), terbukti tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Bahan makanan itu terbukti tidak mengandung bahan kimia berbahaya melalui pengujian menggunakan tes kit dilakukan petugas uji laboratorium mini mobil BPPOM yang beroperasi di area CFD di depan Gedung Pustaka Pekanbaru.

"Petugas menerima contoh dari konsumen dan dilanjutkan pengujian. 11 jenis produk yang diuji itu bebas bahan kimia berbahaya," kata Kepala BBPOM di Pekanbaru Alex Sander.

Menurut Alex Sander, pedagang di area CFD semakin sadar kalau mereka harus jujur berdagang dan tidak mencampurkan bahan kimia berbahaya itu karena bisa merusak kesehatan apalagi jika termakan oleh anak anak.

Selama ini, katanya menyebutkan, bahan kimia berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan antara lain boraks, formalin,rhodamin B, dan kuning metanil. Sedangkan 11 makanan dan minuman yang diuji antara lain adalah jenis jelly, bakso,mi kuning,kerupuk sagu, kerupuk nasi, es kuning dansiomai.

"Karena itu di dalam berbagai kesempatan seperti dalam rangkaian memperingati HUT BPOM ke-23, digelar acara jalan santai, kegiatan jalan santai bersama masyarakat dan seluruh karyawan BBPOM di Pekanbaru. Kita terus menggiatkanedukasi terkait pangan aman dikonsumsi," katanya.

Selain menggiatkan edukasi, dalam rangkaian HUT BPOM bertema 'kolaborasi hingga ke pelosok negeri itu juga digelar permainan edukasi tentangobat dan makanan, pameran mini barang-barang obat kosmetik dan makanan ilegal,memanjang contoh beberapa produk obat dan makanan yang tidak aman dikonsumsi atau dipakai.

Pengunjung bahkan banyak bertanya, terkait produk yang dilarang justru mereka gunakan dan makin sadar setelah mendapat penjelasan petugas BBPOM di Pekanbaru bahwa banyak beredar produk mengandung bahan berbahaya, tidak ada izin edar dari BPOM jelas ilegal.

"Kita meminta masyarakat menjadi konsumen yang cerdas, dan memilih pangan aman dengan melakukan Cek Klik (cek Kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa)," demikian Alex Sander.