72 tahun diplomatik, Indonesia-Kanada adakan Dialog Pertahanan Perdana di Jakarta

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru

72 tahun diplomatik, Indonesia-Kanada adakan Dialog Pertahanan Perdana di Jakarta

Bendera KanadaBendera Kanada. (Anadolu) (Antara/HO)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Kanada mengadakan Dialog Pertahanan Indonesia-Kanada (ICDD) perdana di Jakarta pada 22-23 April untuk merayakan 72 tahun hubungan diplomatik dan memajukan kerja sama pertahanan bilateral.

Direktur Jenderal Keamanan Internasional Departemen Pertahanan Kanada Mayjen Gregory Smith sebagai perwakilan Kanada menyampaikan bahwa kemitraan yang kuat penting untuk memperkuat ketahanan bersama kedua negara, menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar Kanada di Jakarta yang diterima Jumat.

"Kemitraan dan kerja sama yang kuat sangat penting untuk memperkuat ketahanan bersama kita, dan oleh karena itu, kami sangat menghargai setiap peluang untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam menjaga perdamaian dan mempertahankan aturan global," kata Smith.

Sementara itu, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, selaku perwakilan Indonesia, menyambut dialog itu sebagai langkah kemitraan pertahanan yang panjang dan bermanfaat bagi kedua negara.

"Dialog perdana kami telah menjadi langkah yang menjanjikan dalam kemitraan pertahanan yang panjang dan bermanfaat antara Indonesia dan Kanada, yang diperkuat oleh nilai-nilai dan komitmen bersama terhadap perdamaian global," ujar Bambang.

ICDD merupakan forum bagi Kementerian Pertahanan Kanada dan Indonesia untuk mempererat hubungan pertahanan bilateral dan membahas prioritas bersama untuk meningkatkan keamanan.

Forum dialog tersebut membahas berbagai isu pertahanan, termasuk kebijakan pertahanan baru Kanada "Our North, Strong and Free", strategi Indo-Pasifik kedua negara, hubungan pertahanan bilateral, keterlibatan multilateral, dan kerja sama pelatihan.

Selain itu, dialog tersebut juga menjadi landasan peluncuran Nota Kesepahaman Kerja Sama Pertahanan guna memajukan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia dan Kanada berkomitmen untuk terus berupaya bersama mendorong terciptanya kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera dengan menjalankan Strategi Indo-Pasifik.

Indonesia dan Kanada telah berkolaborasi dalam berbagai kegiatan pertahanan, seperti Operasi HORIZON, di mana Angkatan Laut Kanada secara berkala mengunjungi pelabuhan Indonesia.

Angkatan Bersenjata Kanada juga menjadi pengamat dalam latihan militer bersama Komodo dan Super Garuda Shield di Indonesia.

Baca juga: Dubes Dutton: Kanada siap perkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia

Baca juga: Kanada larang penjualan senjata ke Israel