Inter Milan juara Serie A 2023/24 usai bantai AC Milan 2-1

id Inter Milan juara, Serie A, Ac Milan, Derby Milan, Liga Italia

Inter Milan juara Serie A 2023/24 usai bantai AC Milan 2-1

Inter Milan juara Liga Italia musim 2023/24 setelah mengalahkan AC Milan 2-1 dalam lanjutan pekan ke-33 Serie A di San Siro pada Selasa (23/4/2024). ANTARA/Dok-Inter Milan

Jakarta (ANTARA) - Inter Milan menjuarai Liga Serie A musim 2023/24 setelah menang dalam laga derby lawan AC Milan 2-1 di Stadion San Siro pada Selasa dini hari WIB.

Kemenangan Inter terjadi berkat gol Francesco Acerbi dan Marcus Thuram. AC Milan sempat memperkecil ketertinggalannya melalui gol Fikayo Tomori.

Laga ini juga berlangsung keras dan diwarnai tiga kartu merah yaitu Denzel Dumfries (Inter), Theo Hernandez dan Davide Calabria.

Kemenangan ini membuat Inter Milan memenangkan gelar Scudetto ke-20 mereka. Skuad asuhan Simeone Inzaghi tersebut kini telah mengemas 86 poin, terpaut 17 angka dari AC Milan di peringkat dua.

Torehan poin Inter sudah tidak bisa lagi dikejar Milan, meski menyisakan lima pertandingan lagi, demikian yang dikutip laman resmi Liga Italia.

Inter Milan berhasil membuka skor pada menit ke-18 melalui gol Francesco Acerbi. Berawal dari skema sepak pojok, bola disundul Benjamin Pavard ke depan gawang yang langsung disambar Acerbi dengan tandukan ke gawang AC Milan yang dikawal Mike Maignan. Inter memimpin 1-0.

AC Milan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Rafael Leap berhasil lolos dari jebakan offside sebelum melepaskan sepakan datar, tetapi bola masih bisa diblok penjaga gawang Yann Sommer.

Sommer kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-40. Kiper Inter ini menepis bola Davide Calabria di depan gawang. Skor 1-0 menjadi hasil akhir babak pertama.

Fans Inter langsung bersorak di awal babak kedua setelah Marcus Thuram menggandakan keunggulan pada menit ke-48.

Thuram melepaskan bola tembakan mendatar dari dekat kotak penalti yang gagal diselamatkan Maignan. Inter menjauh 2-0.

Pada menit ke-63, lapangan dipenuhi asap flare dari penggemar di tribun dan membuat pandangan para pemain kedua kesebelasan terganggu.

Milan berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-79. Tandukan Matteo Gabbia ditepis Sommer, tetapi bola rebound berhasil disundul Fikayo Tomori menjadi gol. Inter 2-1 Milan.

Milan berusaha menyamakan kedudukan di sisa waktu yang ada. Tensi panas tidak terelakkan hingga berujung keributan antar pemain di injury time.

Wasit bahkan harus mengeluarkan tiga kartu merah kepada pemain masing-masing tim Theo Hernandez (Milan) dan Denzel Dumfries (Inter). Kericuhan kembali terjadi saat situasi sepak pojok yang membuat pemain Milan lainnya Davide Calabria dikartu merah karena menyikut lawan.

Skor 2-1 untuk Inter Milan menjadi hasil akhir pertandingan. Nerazzurri dipastikan menjadi juara Liga Italia musim ini.

Susunan Pemain:

AC Milan (4-2-3-1): Mike Maignan; Davide Calabria, Matteo Gabbia, Fikayo Tomori, Theo Hernandez; Tijani Reijnders (Olivier Giroud 52'), Yacine Adli (Ismael Bennacer 68'); Yunus Musah (Noah Okafor 78'), Ruben Loftus-Cheek (Samuel Chukwueze 68'), Christian Pulisic; Rafael Leao.

Inter Milan (3-5-2): Yann Sommer; Alessandro Bastoni (Stefan de Vrij 88'), Francesco Acerbi Benjamin Pavard; Federico Dimarco (Carlos Augusto 78'), Henrikh Mkhitaryan, Hakan Calhanoglu (Kristjan Asllani 84'), Nicolo Barella (Davide Frattesi 78'), Matteo Darmian (Denzel Dumfries 84'); Marcus Thuram, Lautaro Martinez.