Pemudik di Pelabuhan Dumai meningkat

id Arus mudik dumai, fery penumpang Dumai

Pemudik di Pelabuhan Dumai meningkat

Kedatangan penumpang laut di Pelabuhan Dumai mulai meningkat dalam arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Pelindo Dumai, Sabtu.

Dumai (ANTARA) - Masyarakat pemudik dalam negeri atau domestik dari Batam Provinsi Kepulauan Riau mulai ramai turun di Terminal Penumpang Laut Pelindo Dumai menjelang Idul Fitri 1445 H.

Informasi dihimpun, sejak Jumat (5/4) kedatangan penumpang laut dari sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Riau seperti Batam dan Tanjung Pinang terus berdatangan dengan penambahan dua armada kapal.

Pada Sabtu, perusahaan kapal fery penumpang PT Indomal Lestari Bahari mengoperasikan 6 armada kapal Dumai Line untuk melayani lonjakan penumpang datang dan berangkat dari Pelabuhan Pelindo Dumai.

"Untuk penumpang datang mulai meningkat sejak Jumat kemarin dengan penambahan kapal fery jadi tiga armada. Sedangkan hari ini kita operasionalkan enam kapal karena arus mudik lebaran terus mengalami lonjakan," kata Kepala Transportasi Pelabuhan Dumai Jailani kepada wartawan.

Pertambahan jumlah penumpang di pelabuhan Dumai dalam arus mudik Lebaran 2024 ini didominasi pemudik turun di pelabuhan rute domestik. Sedangkan untuk rute internasional dari Malaysia sejauh ini masih normal dan hanya meningkat tipis.

Koordinator Terminal Pelindo Dumai Akadafi mengatakan untuk menghadapi lonjakan penumpang dalam arus mudik lebaran ini sudah dipersiapkan sebaik mungkin bersama lintas sektoral terkait, yaitu TNI AL, Polri, Kesehatan Pelabuhan, Pelindo, Imigrasi, Bea Cukai, Basarnas dan lainnya.

"Kami sudah siap melayani arus lalu lintas warga yang mudik lewat pelabuhan penumpang. Aktivitas kapal fery melayani penumpang mulai meningkat dan untuk puncak arus mudik kita prediksi mulai hari minggu besok," kata Akadafi.

Pantauan, dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri 1445 H ini, Pelindo Dumai mengoperasikan 1 tambahan ponton di dermaga pelabuhan laut untuk memudahkan arus kedatangan dan keberangkatan kapal fery penumpang.

Diketahui, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga selama Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Polres Dumai sudah membentuk posko terpadu di Pelabuhan Penumpang Laut Dumai.

Dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik dan Idul Fitri 1445 H ini, Polres Dumai mendirikan 2 pos pengamanan dan 3 pos pelayanan selama kegiatan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.

Pos pengamanan sudah disiapkan di areal Dumai Islamic Center (DIC) Jalan HR Subrantas dan Gerbang Tol Dumai - Pekanbaru.

Sedangkan pos pelayanan didirikan di Terminal AKAP Jalan Kelakap Tujuh, Pelabuhan Internasional Pelindo I Dumai Jalan Datuk Laksamana dan Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan Dumai.

"Pemantauan kami arus mudik dan lalu lintas orang dan kendaraan hari ini mulai bergerak naik. Situasi masih lancar dan terurai, sedang puncak arus mudik diprediksi mulai besok meningkat," kata Kapolres Dumai AKBP DhovanOktavianton.