BRK Syariah bekali 1.414 calon haji sebelum berangkat ke Mekkah

id BRK Syariah,Haji riau, berita haji

BRK Syariah bekali 1.414 calon haji sebelum berangkat ke Mekkah

Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah M.A. Suharto saat diwawancarai di sela silaturrahmi dan bimbingan JCH nasabah BRK Syariah wilayah Pekanbaru, di ballroom Lt.4 Menara Dang Merdu, Jumat (26/4/2024). (ANTARA/Frislidia).

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Riau Kepri (BRK) Syariah membekali sebanyak 1.414 calon haji nasabah BRK Syariah yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima itu.

"Selamat kepada 1.414 calon haji, terima kasih kepada JCH khusus wilayah Pekanbaru yang sudah berkenan mengikuti kegiatan untuk silaturahmi dan bimbingan haji ini," kata Direktur Dana dan jasa Bank Riau Kepri Syariah (BRKSy) MASuharto di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Suharto, kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin BRK Syariah memberikan pemahaman dan pembekalan kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan ke tanah suci.

Dari 1.414 calon haji nasabah BRK Syariah itu, katanya, terdiri dari laki-laki 658 orang dan perempuan 756 orang dengan calon haji tertua usia 86 tahun lebih, yakni Murtini asal Tanjung Pinang dantermuda usia 19 tahun lebih, yakni Andy Acok asal Kabupaten Karimun.

"Kami yakin semua JCH wilayah Pekanbaru telah melakukan tahapan-tahapan atau proses sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, mulai dari pelunasan Bipih,penerbitan paspor jamaah haji, bimbingan manasik haji, pemeriksaan kesehatan tahap dasar dan lanjutan serta suntik vaksinasi meningitis sehingga siap berangkat menuju Mekkah," katanya.

Haji dan umrah, katanya adalah salah satu fokus BRK Syariah dalam mengembangkan ekosistem Islam. Ibadah Haji ini menjadi ciri khas dan amanah bagi bank syariah untuk memberikan layanan prima bagi seluruh jamaah.

"Tahun 2023 BRK Syariah menerima penghargaan sebagai bank penerima setoran Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPS-BPIH) terbaik, yakni BPS-BPIH Fungsi Penempatan Terbaik 2023 kategori asset >= 20 T (Terbaik 1). Berikut BPS BPIH Pendaftar Haji Milenial Terbaik 2023 Kategori BPD (Terbaik 3) dan Umrah Reward BPKH Kategori BPD (Terbaik 4)," katanya.

Ia menjelaskan bahwa BRK Syariah merupakan bank milik Pemerintah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau yang sahamnya terdiri dari dua provinsi dan 19 kabupaten kota dan memiliki 170 kantor layanan yang terdiri dari 23 kantor cabang, 40 kantor cabang pembantu, 51 kedai, 47 kantor layanan kas, 15 payment point, 1 butik, 16 kas Keliling serta 1 kantor pusat (Menara Dang merdu BRK Syariah).

Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau H Muliardi memastikan bahwa berkas visa untuk CJH sebelum 30 April 2024 sudah harus tuntas. Sedangkan distribusi koper JCH Riau sudah 80 persen (4.000 koper) sudah dibagikan untuk JCH kabupaten dan kota. Sisanya sebanyak 20 persen lagi dalam pekan ini datang.

Pemerintah Provinsi Riau tahun 2024 tidak lagi mengoperasikan Embarkasi Haji Antara (EHA) untuk pemberangkatan JCH Riau asal kabupaten kota se-Riau lebih untuk efisien.

"Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, maka JCH Riau bisa langsung ke Bandara Hang Nadim Batam dengan menggunakan armada City Link dan Lion Air. Untuk berangkat khusus jalur laut yakni untuk JCH Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, dan Kepulauan Meranti. Sedangkan JCH Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, dan Kuansing langsung menggunakan pesawat udara ke Pelabuhan Sekupang, Batam," demikian Muliardi.