Isian kamar hotel di Bukittinggi naik 100 persen

id Hunian hotel naik 100 persen

Isian kamar hotel di Bukittinggi naik 100 persen

Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Wali Kota Erman Safar mengungkap terjadinya kenaikan 100 persen dari jumlah kunjungan hotel dengan mencapai 5.506 kamar terisi saat Lebaran 2024. (Antara/Altas Maulana. 

Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, menyebutkan jumlah kamar hotel dan penginapan yang terisi saat cuti bersama dan libur Lebaran 2024 naik 100 persen dibanding tahun 2023.

"Berdasarkan rekap data kunjungan hotel dan penginapan yang telah dilaporkan selama libur Lebaran 2024 dan cuti bersama, jumlah kamar terisi sebanyak 5.506 kamar," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Minggu.

Ia mengatakan kunjungan ke hotel dan penginapan pada momen Lebaran 2024 mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan 2023.

"Jumlah kamar terisi atau terjual pada momen lebaran dan cuti bersama tahun 2023 sebanyak 2.336 kamar, artinya dua kali lipat atau naik 100 persen," katanya.

Menurutnya, kenaikan tingkat hunian pada hotel dan penginapan tahun ini memberikan dampak positif kepada peningkatan okupansi hotel di Kota Bukittinggi.

"Peningkatan ini didorong karena penyedia akomodasi perhotelan memberikan tawaran menarik berupa paket diskon kepada tamu hotel," katanya.

Selain itu ia mengapresiasi dengan mudahnya akses layanan informasi melalui Online Travel Agent (OTA) yang disediakan.

"Faktor lainnya karena melonjaknya tradisi mudik pada Lebaran tahun ini," katanya.

Kota Bukittinggi dengan ikon Jam Gadang masih menjadi magnet wisata di Sumatera Barat. Beragam objek wisata dan kuliner tersaji di kota berhawa sejuk itu.

Terbaru, Kota Bukittinggi menghadirkan pusat kuliner terbesar Stasiun Lambuang yang telah diresmikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Tohir pada awal Maret 2024.