Gapura Makam Raja di Inhu diusulkan akan direnovasi

id Rengat,Inhu

Gapura Makam Raja di Inhu diusulkan akan direnovasi

Arsip foto. Cagar budaya makam Raja Isa (Nong Isa) di Batam. (ANTARA/HO-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam)

Rengat (ANTARA) - Masyarakat dari 17 Desa di Rengat Barat, Indragiri Hulu mengusulkan 123 aspirasi untuk masuk dalam program pembangunan 2025 untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga di puluhan desa.

"Usulan itu berasal dari puluhan desa dan satu kelurahan dalam Musrenbang di Kantor Camat Rengat Barat," kata Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi di Pematang Reba.

Namun, yang menjadi prioritas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang) ada lima usulan yakni rehabilitasi gapura makam raja di Desa Kota Lama dan rehabilitasi puskesmas pembantu di Desa Tani Makmur.

Selain itu, rehabilitasi ruang kelas SD 09 Desa Alang Kepayang, rehabilitasi ruang TK pembina Kecamatan Rengat Barat dan pembangunan box culvert jalan ke Desa Danau Tiga.

Aspirasi itu diharapkan akan menjadi perhatian khusus dan untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Alhamdulillah, Musrenbang RKPD Tahun 2025 tingkat kecamatan di hari pertama berjalan lancar," ujarnya.

Adapun tema Musrenbang 2024 adalah "Meningkatkan Produktifitas dan Efektifitas Sumber Daya Alam Sektor Pertanian dan Ekonomi Kreatif Menuju Indragiri Hulu yang Lebih Sejahtera".

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan pemangku kepentingan di kecamatan untuk mendapat masukan mengenai kegiatan prioritas.

Bupati Inhu berharap dengan usulan yang didiskusikan dapat menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Sementara, untuk Kecamatan Rengat Barat anggaran pada 2024 bertambah menjadi Rp25,2 M.

Camat Rengat Barat, Lisnar Manaf menyebutkan bahwa masyarakat mengucapkan terimakasih atas diakomodirnya usulan-usulan prioritas pada 2023 lalu yang akan dilaksanakan pada 2024.

Selain itu, aspirasi masyarakat untuk 2025 agar dapat diakomodir agar Rengat Barat semakin sejahtera.