Komitmen standarisasi lingkungan, IKPP Perawang raih penghargaan Adi Niti 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, IKPP

Komitmen standarisasi lingkungan, IKPP Perawang raih penghargaan Adi Niti 2024

Perwakian IKPP Perawang saat menerima penghargaan Adi Niti 2024 dari Menteri Siti Nurbaya. (ANTARA/HO-Indah Kiat)

Pekanbaru (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Pekan Standar Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PeSTA) 2024. Sebuah ajang bertujuan untuk mempromosikan standar lingkungan dan praktik berkelanjutan di Jakarta, pada 10-12 September 2024.

Acara ini mempertemukan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga publik, dan sektor swasta, dalam upaya bersama menjaga keberlanjutan sumber daya alam.

Dengan tema “Standardisasi LHK Menjaga Keberlanjutan Sumber Daya Alam,” PeSTA 2024 menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk menunjukkan kontribusi mereka dalam mendukung penerapan standar lingkungan hidup yang lebih baik. Salah satu momen penting dalam acara ini adalah pemberian penghargaan "Adi Niti," yang diberikan kepada instansi atau individu yang telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pekerjaan KLHK melalui standardisasi instrumen lingkungan hidup dan kehutanan.

Menteri LHKSiti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan bahwa PeSTA 2024 ini merupakan momen bersejarah dalam perjalanan Badan Standardisasi Instrumen (BSI), yang merupakan metamorfosis dari badan litbang dan inovasi, dan selama tiga tahun terakhir telah menunjukkan hasil yang cukup baik dan membanggakan. BSI memiliki peran penting dalam menentukan standar dan mengimplementasikannya, serta menjaga penerapan dan pengawasannya di lapangan. Ini adalah bagian dari skenario besar pencapaian LHK dalam upaya standardisasi, terutama ketika dunia semakin awas terhadap isu lingkungan.

Pada acara ini, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Perawang, unit usaha APP Group, menerima penghargaan Adi Niti untuk kategori Ekolabel. Penghargaan ini mengakui kepatuhan IKPP Perawang terhadap standar ekolabel KLHK, yang mencakup penggunaan bahan baku yang berkelanjutan, proses produksi yang ramah lingkungan, dan produk akhir yang memenuhi kriteria lingkungan. Dengan penerapan standar yang ketat ini, IKPP Perawang tidak hanya memenuhi persyaratan dan regulasi KLHK, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan dan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab.

Selain meraih penghargaan Adi Niti, APP Group juga turut mendukung acara ini dengan memamerkan produk-produk yang memenuhi standar ekolabel, seperti kertas, tisu, dan kemasan ramah lingkungan "Foopak". Produk-produk ini diproduksi dengan mematuhi standar lingkungan yang ketat, memastikan dampak minimal terhadap alam, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui keterlibatan UMKM dan komunitas setempat.

“Penghargaan ini adalah pengakuan atas usaha kami untuk terus mematuhi dan mendukung standar lingkungan yang ketat dari KLHK. Kami berkomitmen untuk berinovasi lebih lanjut dan memperkuat kolaborasi dengan pemerintah serta masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata.

Partisipasi APP Group dalam PeSTA 2024 menegaskan kembali dedikasi perusahaan terhadap keberlanjutan, serta dukungan terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya standardisasi lingkungan di berbagai sektor industri.

Baca juga: PT IKPP & PT Arara Abadi dan Tzu Chi turunkan 27 dokter saat baksos kesehatan

Baca juga: Manggala Agni Korwil Riau latih Diskar RPK PT Arara Abadi dan Mitra APP Sinar Mas untuk pencegahan dan penanggulangan karhutla