Ciptakan Pilkada damai, Polres Inhu silaturahmi kamtibmas

id Rengat,Indragiri Hulu

Ciptakan Pilkada damai, Polres Inhu silaturahmi kamtibmas

Polres Inhu gelar silaturahmi dengan Forkopimda dan instansi terkait Pilkada. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu menggelar acara silaturahmi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Gedung Sejuta Sungkai Kota Rengat, Selasa pagi.

Kapolres Inhu AKBP Fahrian Saleh Siregar melalui PS Kasubsi Penmas AiptuMisran mengatakan, silaturahmi dengan Forkopimda dan instansi terkait untuk menciptakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2024 yang aman.

"Juga untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang damai, sukses dan dalam situasi kondusif," katanya.

Kontestasipilkada merupakan suatu perhelatan akbar yang menjadi agenda nasional dan pesta demokrasi yang dinanti - nantikan masyarakat.

Misran menjelaskan bahwa Pemilukada sebagai ajang dalam memberikan hak pilih dan dipilih.

Tentunya, melalui pemilihan umum yang diselenggarakan lembaga negara Komisi Pemilihan Umum (KPU)

"Pilkada haruslah terselenggara sesuai prinsip-prinsip dan asas yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur danadil. Dan semua itu tanggung jawab bersama," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres mengajak seluruh bakal calon kepala daerah untuk berkompetisi secara sehat.

Tetap menjunjung tinggi sportivitas dan menghindari segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah masyarakat.

"Kepada para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, Kapolres Inhu mengharapkan dukungan serta peran aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat," ujarnya.

Oleh sebab itu, semua bergandengan tangan, mempererat silaturahmi dan bekerja sama untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam menyambut Pilkada 2024.

Polri khususnya Polres Inhu akan bersinergi, berkolaborasi dengan TNI serta seluruh elemen masyarakat serta stakeholder terkait.

Misran menambahkan, di kesempatan itu juga Dandim 0302/Inhu menyatakan, pihak Kodim adalah bersifat independen dan netral dalam menjaga ketertiban dan keamanan tanpa berpihak pada siapapun dalam melaksanakan tugas.

"Pihak Kodim juga akan selalu berkoordinasi dengan Polri, Pemda, dan seluruh elemen masyarakat," janjinya

Untuk memastikan bahwa Kabupaten Inhu dapat melewati proses Pilkada dengan damai dan penuh rasa kebersamaan.

Sementara, Ketua LAMR Inhu Datuk Seri Ali Fahmi aziz menyampai petuah amanah dengan penuh hikmah yakni, memilih pemimpin menurut adat, hukum dan undang harus diingat, alur dan patut jadi pengikat.

"Mana yang layak sama diangkat, mana yang sesuai sama dipikat, mana yang sejudu diberi tempat supaya hasilnya membawa manfaat dan pemimpin terpilih disayang umat," sebutnya.

Acara silaturahmi dihadiri oleh Kapolres Inhu AKBP Fahrian Saleh Siregar, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dan Dandim 0302/Inhu Letkol (Inf)Emick Chandra Nasution.

Selain itu adaForkopimda, Ketua LAMR Datuk Seri Ali Fahmi aziz dan tiga bakal pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Inhu yang akan mengikuti Pilkada 2024.