Warga Palestina di Kota Tulkarem mulai pemulihan usai pasukan Israel mundur

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Gaza

Warga Palestina di Kota Tulkarem mulai pemulihan usai pasukan Israel mundur

ilustrasi kamp pengungsi Palestina (ANTARA/Anadolu/PY)

Tulkarem (ANTARA) - Warga Palestina di kota Tulkarem dan kamp-kamp pengungsi di wilayah utara Tepi Barat yang diduduki mulai kembali ke tempat masing-masing.

Mereka segera melakukan upaya pemulihan setelah pasukan Israel mundur pada Kamis setelah pengepungan selama 48 jam.

Kepergian militer Israel menyebabkan aktivitas kembali hidup di jalan-jalan kota yang sebelumnya sepi, saat para warga mulai memperbaiki area yang rusak akibat mesin berat Israel.

Warga kamp Nur al-Shams mulai menangani kehancuran dan menegaskan kembali komitmen mereka untuk tetap bertahan di tanah mereka.

Meskipun terjadi kerusakan parah, penduduk setempat berupaya memulihkan area tersebut dan membangun kembali rumah-rumah.

Dalam insiden terpisah, pasukan Israel menghancurkan rumah Abduljabbar Fahd Dahduki, satu dari sembilan warga Palestina yang tewas dalam serangan udara pada 4 Agustus.

Penduduk di dekatnya melaporkan bahwa tentara mengevakuasi mereka secara paksa dan mengurung sekitar 15 orang di satu ruangan selama berjam-jam.

Operasi Israel terus berlanjut di Jenin dan kamp pengungsi Jenin mengalami pemadaman listrik total.

Israel melancarkan serangan besar-besaran di Tepi Barat utara pada 28 Agustus, menandai operasi paling meluas sejak Intifada Kedua pada 2002.

Hingga saat ini, 17 warga Palestina telah tewas serta puluhan luka-luka dan 45 orang ditahan dalam serangan tersebut.

Setidaknya 670 warga Palestina tewas sejak 7 Oktober tahun lalu dalam serangan Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Sumber : Anadolu-OANA