Bengkalis Raih Adipura Tiga Tahun Berturut-turut

id bengkalis raih, adipura tiga, tahun berturut-turut

Bengkalis, (Antarariau.com) - Kabupaten Bengkalis kembali meraih penghargaan Adipura untuk katagori kota kecil terbersih dan ini merupakan penghargaan ketiga tahun berturut-turut di masa kepemimpinan Bupati Herliyan Saleh.

Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan kepada wartawan, Rabu (4/6/2014) mengatakan, kepastian Bengkalis meraih Adipura untuk tahun 2013 - 2014 tersebut berdasarkan informasi yang ia terima via telepon dari Kementerian Lingkungan Hidup.

'Kita dapat telepon dari Kementerian Lingkungan Hidup tadi malam bahwasanya kita kembali meraih penghargaan adipura,' ujar Indra yang saat dihubungi sedang berada di speedboat menuju Pekanbaru.

Penghargaan tersebut akan diberikan di Istana Wakil Presiden hari ini oleh Wapres Budiyono dan diterima oleh Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno. “Ini penghargaan Adipura yang ketiga berturut-turut kita raih dan untuk skala Riau, baru kita yang meraih penghargaan Adipura secara berturut-turut selama tiga tahun,' ujar Indra.

Saat ditanya kabupaten/kota mana saja di Riau yang juga mendapat penghargaan Adipura, Indra mengatakan dirinya tidak tahu persis hanya saja berdasarkan informasi yang ia terima, untuk penghargaan Adipura tahun 2013 – 2014 ini, sepertinya hanya Bengkalis yang berhasil lolos. Hal itu terkait dengan semakin ketatnya kriteria penilaian bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

'Bukan hanya kriteria penilaian saja yang makin ketat, bobot nilainya pun semakin tinggi. Kalau dulu dengan nilai 74 sudah bisa lolos, sekarang minimal 75. Barangkali itu yang melatarbelakangi mengapa dari Riau, untuk kota kecil hanya Bengkalis yang meriah adipura,' katanya.

Terkait keberhasilan tersebut, Indra mengatakan, seyogyanya penghargaan tersebut makin memotivasi seluruh seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kebersihan lingkungannya masing-masing. Perlu diketahui, menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan asri bukan hanya tanggung jawan Pemerintah dalam hal ini Dinas Pasar dan Kebersihan, melainkan tanggung jawab semua komponen masyarakat.

“Menjaga lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan asri semata-mata bukan bertujuan untuk meraih adipura. Namun, untuk kepentingan kita semua agar kita bisa hidup dengan sehat dan juga nyaman. Soal penghargaan adipura, kalau kita sudah terbiasa hidup bersih, maka otomatis akan kita raih,” kata Indra. (us)