Dumai Bertekad Ciptakan Perhubungan Unggul dan Dinamis

id dumai bertekad, ciptakan perhubungan, unggul dan dinamis

Dumai Bertekad Ciptakan Perhubungan Unggul dan Dinamis

Mewujudkan sistem transportasi perhubungan yang unggul, modern dan dinamis di Kota Dumai, Riau, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat menyiapkan beberapa langkah pembinaan, penertiban dan penegakan hukum yang akan dilancarkan pada 2014.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai Taufik Ibrahim mengatakan, langkah tersebut ialah, pembinaan mental dan rohani para pegawai dan personil secara berkelanjutan dan rutin, serta digelar berbagai kegiatan operasi penertiban angkutan barang penumpang, operasi yustisi, penertiban parkir dan kecepatan maksimum.

"Diperlukan langkah penertiban dan penegakkan hukum agar transportasi Dumai berlangsung seperti diharapkan, sehingga tujuan dan visi misi daerah di bidang perhubungan dapat tercapai," kata Taufik di Dumai.

Dijelaskan, operasi angkutan barang dan penumpang merupakan kegiatan rutin setiap tahun bertujuan untuk menertibkan kendaraan angkutan terkait perizinan resmi, kelaikan jalan, kelengkapan surat kendaraan dan pengemudi, kelebihan muatan dan retribusi serta penegakan hukum terhadap pelanggaran.

Kemudian, pada rancangan operasi yustisi, dengan melibatkan instansi terkait dalam rangka penegakan hukum dan pembinaan kepada perusahaan angkutan, pemilik becak motor yang belum diberikan izin beroperasi serta seluruh legalitas yang menyangkut perizinan kendaraan angkutan barang dan penumpang.

Selanjutnya, operasi parkir dan kecepatan maksimum yang dimaksud adalah langkah pembinaan terhadap juru parkir agar bekerja sesuai aturan dan sosialiasi aturan tarif perparkiran kepada pengguna jasa di seluruh titik parkir.

Sedangkan operasi kecepatan maksimum bertujuan ingin melihat kepatuhan pengendara di jalan raya terhadap batasan kecepatan laju kendaraan, terutama di sejumlah ruas jalan utama yang sudah terpasang rambu jalan atau jalan yang rawan kemacetan.

"Disamping tiga operasi tersebut, kita secara rutin juga melakukan penertiban dan pengaturan lalulintas, terutama pada jam padat aktivitas masyarakat, yaitu pada pagi hari di sejumlah persimpangan trafigt light," terang Kadishub.

Walikota H Khairul Anwar telah menegaskan agar potensi perhubungan terus digarap dan dikelola dengan baik karena akan berpengaruh besar bagi kehidupan bermasyarakat dan menumbuhkan perekonomian daerah.

Namun, meski bertekad menciptakan penyelenggaraan perhubungan yang tertib dan lancar untuk mendukung kelancaran aktivitas semua pihak, Pemkot prinsipnya tetap mengedepankan pelayanan yang baik kepada publik agar iklim investasi dan penanaman modal kondusif.

"Dinas Perhubungan sebagai instansi terkait dan berwenang harus mampu berkoordinasi dengan semua pihak agar cita-cita dan tujuan penyelenggaraan sektor perhubungan dapat tercapai dan sesuai dengan visi misi pembangunan Dumai," ungkapnya.

"Tujuan dari pembangunan daerah harus mampu diwujudkan dengan melibatkan dukungan dan partisipasi semua pihak terkait. Karena dengan sektor perhubungan selain kita melayani masyarakat, juga dapat mendatangkan pendapatan bagi keuangan daerah," terangnya.

Sedangkan, Kabid Pengendalian dan Operasional Dishub Dumai Reinhard Ronald menjelaskan, pelaksanaan tugas Dal Ops selalu mengedepankan lima kunci selamat birokrasi, indikator personil, lima keyword kerja, dan pelayanan publik.

"Sebagai petugas yang menjalankan fungsi pelayanan publik, kita dituntut harus optimal dalam melayani masyarakat dengan sapa, senyum, santun, sopan dan service pelayanan terbaik," ungkapnya.

Langkah pengaturan dan pengendalian lalulintas di jalan umum dilaksanakan juga dengan menempatkan puluhan personil yang dibagi dalam beberapa regu, diantaranya regu patroli angkutan umum, regu patroli angkutan barang, regu penertiban parkir, regu motoris, regu pos jaga portable dan regu pengatur lalulintas.

Kota Dumai pada 3 Oktober 2013 lalu dinobatkan sebagai penerima anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang lalulintas kategori Kota Sedang, dan diterima langsung oleh Walikota Khairul Anwar dari Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Surabaya.

Penghargaan WTN diberikan kepada pemerintah kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik serta ramah lingkungan. Sehingga ini menjadi bukti nyata keberhasilan pembangunan yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Dumai di bidang lalu lintas.

(Adv/Humas/Abdul Razak)