Konsisten berdayakan masyarakat, PT Arara Abadi bersama 14 unit usaha raih CSR Award

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Indah Kiat

Konsisten berdayakan masyarakat, PT Arara Abadi bersama  14 unit usaha raih CSR Award

Konsisten dan komitmen berdayakan masyarakat sekitar di Riau, PT Arara Abadi bersama 14 unit usaha APP Group raih CSR Award (ANTARA/HO-PT Indah Kiat)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Arara Abadi yang beroperasi di Riau juga PT Satria Perkasa Agung, yang merupakan unit usaha dari APP Group bersama-sama dengan mitra pemasok APP Group Regional Riau diantara PT Mutiara Sabuk Khatulistiwa, dan PT Perawang Sukses Perkasa Industri Raih Penghargaan Pelaksanaan CSR pada acara Bisnis Indonesia Social Responsibility Award (BISRA) yang diselenggarakan di Jakarta.pada Kamis (27/6), yang dihadiri Pelaksana Direktur PT Arara Abadi, Edi Haris,MZ dan Corporate Social & Engagement Departement Head, Deny Widjaya serta pimpinan APP Group lainnya.

Sebanyak 14 unit usaha APP Group yang bergerak di bidang Industri Pulp & Kertas (IPK) dan Unit Manajemen Hutan (UMH) yang mendapatkan apresiasi atas komitmennya di bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Penghargaan ini diberikan dalam acara Bisnis Indonesia Social Responsibility Award (BISRA)

Pada BISRA 2024, 14 unit usaha APP Group menerima penghargaan atas kontribusi mereka dalam CSR. Penghargaan Kategori Platinum Mill diraih oleh PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industri, dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk – Serang Mill. Penghargaan Gold Mill diberikan kepada PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk – Tangerang, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk – Perawang, dan PT OKI Pulp & Paper Mill – OKI. Sementara Di kategori Gold Forestry, pemenangnya adalah PT Arara Abadi, PT Wira Karya Sakti, dan, PT Sumalindo Hutani Jaya PT Satria Perkasa Agung. Sementara itu, 4 perusahaan mitra pemasok, yaitu PT Mutiara Sabuk Khatulistiwa, PT Bumi Persada Permai, PT Perawang Sukses Perkasa Industri, dan PT Surya Hutani Jaya, juga meraih kategori Gold Forestry.

“Penghargaan ini adalah bentuk pengakuan atas komitmen kami yang konsisten dan berkelanjutan. Untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan, kami harus memastikan bahwa manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh masyarakat sekitar dan lingkungan," kata Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata.

Penghargaan ini mencerminkan komitmen APP Group terhadap keberlanjutan, yang menjadi salah satu pilar utama dalam menjalankan bisnis. Strategi keberlanjutan APP Group dituangkan dalam Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 yang diluncurkan pada tahun 2020. SRV ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi semua pemangku kepentingan di seluruh rantai pasokan APP Group, termasuk masyarakat sekitar area operasi. Melalui SRV 2030, APP Group menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung dan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Untuk unit APP Group yang bergerak di bidang kehutanan, penghargaan ini diberikan atas komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang diluncurkan pada tahun 2015. Program DMPA melibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui berbagai sumber mata pencaharian, mentransfer pengetahuan dan teknologi, mengembangkan kolaborasi, serta menciptakan pengelolaan hutan yang baik dan pelestarian lingkungan. Hingga akhir tahun 2023, terdapat 441 desa yang terlibat dengan lebih dari 87.500 penerima manfaat.

Unit APP Group yang bergerak di Industri Pulp & Kertas (IPK) mendapatkan penghargaan atas berbagai komitmen CSR mereka, termasuk pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan limbah, pemberdayaan perempuan, serta pelestarian lingkungan.

“Kami berharap program-program yang telah dan sedang berjalan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan. Kami terus berinovasi dan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memastikan perusahaan tetap konsisten menjalankan bisnis yang berkelanjutan, serta bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik,” tutup Suhendra.

Sementara itu Head of Corporate Social Engagement Departement PT Arara Abadi, Deny Widjaya menanbahkan, ”Capaian penghargaan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan PT Arara Abadi bersama-sama dengan PT Satria Perkasa Agung bersama-sama dengan mitra pemasok APP Group Regional Riau, seperti PT Mutiara Sabuk Khatulistiwa, dan PT Perawang Sukses Perkasa Industri kepada masyarakat tempatan disekitar konsesi, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjalin hubungan yang baik serta menjaga lingkungan dari Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) melalui program DPMA (Desa Makmur Peduli Api). Kita persembahkan juga penghargaan ini untuk masyarakat di sekitar areal operasional perusahaan kita, terutama para champion-champion Program DPMA APP Group Regional Riau.”Demikian Deny Widjaya menambahkan.